PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN

MERLINIA RAMADHANI, NIM : 312018026 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULUNG SELAPAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (964kB) | Preview
[img] Text
312018026_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
312018026_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
312018026_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
312018026_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
312018026_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
312018026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
312018026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
312018026_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Merlinia Ramadhani, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Keterampilan berbicara dalam Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Selapan. Skirpsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Model, Numbered Head Together, keterampilan, teks eksplanasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan berbicara dalam teks eksplanasi siswa di sekolah yang masih rendah. Peneliti dengan model pembelajaran Numbered Head Together untuk keterampilan siswa berbicara dalam teks eksplanasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Selapan? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Numbered Head Together dalam teks eksplanasi pada siswa SMP Negeri 2 Tulung Selapan. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Selapan yang berjumlah 93 siswa yang terdiri dari 36 laki-laki dan 57 perempuan dan sampel sebanyak 62 siswa, yaitu siswa kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode quasi exsperimental yang menggunakan kelas yang sudah tersedia baik kelas eksperiman maupun kelas kontrol dianggap saman keadaanya atau kondisinya. Penelitian diperoleh melalui instrumen tes keterampilan berbicara, angket atau kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penetilian, diperoleh kesimpulan yaitu terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan berbicara dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Selapan. Terbukti bahwa Ternyata thitung lebih besar dari ttabel pernyataan ini dapat dituis dengan 5,61 ≥ 2,00. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajarn Numbered Head Together terhadap keterampilan berbicara dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulung Selapan terbukti kebenarannya, oleh karena itu hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model, Numbered Head Together, keterampilan, teks eksplanasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:21
Last Modified: 05 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.