PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Eka Susilawati, NIM. 312018020 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312018020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
312018020_BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
312018020_BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
312018020_BAB V..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
312018020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
312018020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
312018020_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Susilawati, Eka. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing (I) Drs. Danto, M.Pd. (II) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd, C.Mt. KataKunci: Model inkuiri, teks biografi Latar belakang penelitian ini adalah keterampilan menulis teks biografi siswa masih rendah. beberapa model pembelajaran yang sangat menarik untuk diterapkan pada saat pembelajaran, diantaranya adalah menggunakan model pembelajaran inkuiri yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan secara sistematis, logis, dan analitis, sehingga dengan adanya bimbingan dari guru, mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Manfaat penelitian ini bagi siswa, bagi guru, pengajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes, teknik wawancara, teknik observasi dan teknik angket. objek penelitian diambil dari kelas X IPA yang berjumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil tes menulis teks biografi prasiklus disimpulkan bahwa yang mendapatkan nilai paling terendah yaitu nilai 45 sebanyak 6 (24%) siswa, siklus I sebanyak 11 (44% ) siswa, siklus II sebanyak 21 (88%) siswa, Kesimpulan penelitian ini adalah setiap siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Palembang terampil menulis teks biografi melalui model pembelajaran inkuiri. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada penelitian keterampilan menulis teks biografi dapat meningkatkan keterampilan menulis dan indikator penelitian yang telah ditetapkan sudah tercapai, dinyatakan bahwa siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 2 Palembang telah berhasil mencapai nilai tuntas yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd, C.Mt.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model inkuiri, teks biografi
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:34
Last Modified: 06 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.