Studi Eksperimen Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Prabumulih

Rica Oktasari, NIM. 332018007 (2022) Studi Eksperimen Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Prabumulih. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332018007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text
332018007_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
332018007_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
332018007_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
332018007_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
332018007_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
332018007_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
332018007_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam memecahkan suatu masalah adalah model pembelajaran problem based learning yang dapat menjadi jembatan dalam proses belajar matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 5 Prabumulih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Prabumulih tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang berjumlah 36 siswa, diperoleh nilai rata-rata x_1= 75,00 dan nilai standar deviasinya adalah s_1= 12,479 dan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning yang berjumlah 33 siswa, diperoleh nilai rata-rata x_2= 53,94 dan standar deviasinya adalah s_2= 13,565. Setelah datanya dianalisis diperoleh nilai t_hitung= 6,718 dan t_tabel = 1,998. Ini berarti t_hitung berada didaerah penolakan Ho artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 5 Prabumulih, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. A. Hussein Fattah, M.M. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem based learning, hasil belajar, barisan dan deret.
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Ilmu Hitung
Matematika > Ilmu Ukur (Geometri)
Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:07
Last Modified: 05 Sep 2022 08:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21744

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.