Pengaruh Metode Video Critic Berbantuan Media Film Pendek terhadap Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya

Defi Andayani, NIM 312019034P (2022) Pengaruh Metode Video Critic Berbantuan Media Film Pendek terhadap Teks Ulasan Siswa Kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
312019034P_BAB I_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
31201903P_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
31201903P_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
31201903P_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
31201903P_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
31201903P_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
31201903P_DAFTAR RUJUKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
31201903P_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
312019034P_Cover sampai Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pemahaman terhadap teks ulasan agar siswa mampu memahami teks ulasan. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode video critic berbantuan media film pendek berpengaruh terhadap materi teks ulasan siswa kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode video critic berbantuan media film pendek terhadap materi teks ulasan siswa kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya sebanyak 48 siswa, y1akni kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif, angket dan wawancara. Hasil tes yang didapat dalam penelitian ini adalah kelas kontrol nilai rata-rata pretest (tes awal) 38,08 dan nilai rata-rata posttest (tes akhir) adalah 81,13. Selanjutnya, kelas eksperimen nilai rata-rata pretest (tes awal) adalah 36,08, dan nilai rata-rata posttest (tes akhir) adalah 86,08. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode video critic terhadap materi teks ulasan siswa kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya, hal ini terbukti dari jumlah thitung yang lenih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tes siswa, setelah membandingkan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung ≥ ttabel, yaitu 5,35 ≥ 2,01 dengan dk 46. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan yaitu terdapat pengaruh metode video critic berbantuan media film pendek terhadap materi teks ulasan siswa kelas VIII MTs Al Ittifaqiah 2 Indralaya terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C. Mt. Pembimbing II : Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode video critic, media film pendek, teks ulasan
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:33
Last Modified: 03 Sep 2022 04:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.