ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL SEBENING SYAHADAT KARYA DIVA SINAR REMBULAN

RIKA ANANDA, NIM. 312017010 (2022) ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM NOVEL SEBENING SYAHADAT KARYA DIVA SINAR REMBULAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img] Text
312017010_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
312017010_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
312017010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
312017010_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
312017010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
312017010_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312017010_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ananda, Rika. 2022. Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva Sinar Rembulan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Listini, M.Pd., dan (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: analisis, tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi), dan novel. Aktivitas manusia tidak terlepas dari bahasa yang digunakan sebagai komunikasi dan berinteraksi. Komunikasi merupakan serangkaian tindak tutur (aksi dengan menggunakan bahasa) yang digunakan secara bersistem untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam berkomunikasi, setiap penutur menggunakan ujaran atau kata-kata tertentu kepada mitra tutur sehingga dapat dipahami oleh mitra tutur. Pragmatik merupakan bidang ilmu bahasa yang mengkaji hubungan antara konteks luar bahasa dan maksud tuturan (pemakai/penuturnya). Konteks luar bahasa ialah unsur di luar tuturan yang mempengaruhi maksud tuturan. Maksud tidak dapat dilihat dari bentuk dan makna saja, tetapi juga dari tempat dan waktu berbicara, siapa saja yang terlibat, tujuan, bentuk ujaran, cara penyampaian, alat berbicara, norma-norma, dan tema. Pragmatik tidak hanya terbatas pada bahasa lisan, tetapi mencakup bahasa tulis. Masalah dalam penelitian ini, bagaimanakah tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam novel Sebening Syahadat karya Diva Sinar Rembulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga jenis tindakan yang dapat diwujudkan, yakni tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, dan tindak tutur perlokusi dalam novel Sebening Syahadat karya Diva Sinar Rembulan. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data meliputi reduksi data, penyajian data disertai bukti autentik dan penjelasan sesuai dengan teori yang digunakan, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada 41 bab dalam novel dan disetiap bab terdapat banyak tindak tuturan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam novel. Simpulan dari penelitian ini ada 2471 tindak tutur yang terdiri dari, 825 tindak tutur lokusi, 1339 tindak tutur ilokusi, dan 307 tindak tutur perlokusi. Saran dari peneliti mengharapkan akan ada penelitian yang mengkaji jenis-jenis tindak tutur lainnya dalam novel Sebening Syahadat karya Diva Sinar Rembulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, tindak tutur (lokusi, ilokusi, dan perlokusi), dan novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:55
Last Modified: 02 Sep 2022 01:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.