RINDA ARISANTI, NIM. 312018024 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 SUNGAI LILIN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Text
312018024_COVER_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
312018024_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text
312018024_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
|
Text
312018024_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
312018024_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text
312018024_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text
312018024_COVER_s.d_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Arisanti, Rinda. 2022. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 6 Sungai Lilin menggunakan Model Pembelajaran Scaffolding. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Danto, M.Pd., (II)Drs. H. Refson, M.Pd. Kata Kunci: teks persuasi, model scaffolding Pendidikan sekolah bertujuan untuk mencerdaskan bangsa sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 yang terus berkembang dengan munculnya berbagai model pembelajaran, salah satunya ialah model pembelajaran scaffolding yang merupakan model yang mendeskripsikan materi dengan rancangan kelompok untuk memberikan bantuan yang diberikan guru atau teman sesama peserta didik yang lebih pandai. Model pembelajaran scaffolding diharapkan dapat menjadi alternatif yang mampu menarik minat belajar peserta didik untuk menulis teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Sungai Lilin. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks persuasi siswa VIII di SMP Negeri 6 Sungai Lilin model pembelajaran scaffolding? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks persuasi siswa VIII di SMP Negeri 6 Sungai Lilin model pembelajaran scaffolding. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes tertulis, wawancara, dan angket. Objek penelitian diambil dari kelas VIII.2 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan. Berdasarkan hasil data tes essai prasiklus yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terdapat 4 (16,6%) siswa, Siklus I sebanyak 11 (45,83%) siswa, Siklus II sebanyak 21 (87,5%) siswa. Dari hasil penelitian ini, nilai tertinggi dari prasiklus sampai dengan siklus II yang diperoleh siswa adalah 93 dan nilai terendah adalah 50, nilai rata-rata pada prasiklus 48,92, dan siklus I sebesar 68,45, serta siklus II sebesar 78,79. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa setiap siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sungai Lilin terampil menulis teks persuasi melalui model pembelajaran scaffolding dan terbukti kebenarannya sesuai dengan pengujian hasil hipotesis. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding pada penelitian keterampilan menulis teks persuasi dapat meningkatkan hasil belajar dan indikator penelitian yang ditetapkan sudah tercapai, dinyatakan bahwa siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 6 Sungai Lilin yang telah berhasil mencapai nilai tuntas yakni 87%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Drs. H. Refson, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | teks persuasi, model scaffolding |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 02:02 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 02:02 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21690 |
Actions (login required)
View Item |