ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

MORINDA, NIM. 312018022 (2022) ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img] Text
312018022_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
312018022_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
312018022_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
312018022_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
312018022_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
312018022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
312018022_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
312018022_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Morinda. 2022. Analisis Nilai Sosial dalam Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Surismiati, S.Pd., M.Pd., dan (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: novel, nilai sosial, dan implikasi. Latar belakang masalah dalam penelitian ini: Adalah (1) Nilai-nilai social apa saja yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi? (2) Bagaimanakah implikasi nilai sosial dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat, paragraf, yang mengembangkan nilai-nilai sosial dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, membaca dan memahami novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi secara keseluruhan. Pembelajaran novel pada jenjang SMP menjadi salah satu mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam silabus bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Setelah siswa menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam novel, diharapkan nilai-nilai yang positif di dalam novel dapat menjadi cermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Peneliti menganalisis data dengan cara membaca novel dengan seksama sehingga dapat memahami makna isi ceritanya, membuat sinopsis novel, menganalisis, dan mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi. Kesimpulan dari analisis novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi banyak terkandung nilai-nilai sosial. Nilai sosial tersebut adalah kasih sayang, tanggung jawab, kepedulian, kerja sama, dan tolong menolong. Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 30 nilai sosial. Masing-masing nilai sosial itu yakni 9 nilai sosial kasih sayang, 7 nilai sosial tanggung jawab, 7 nilai sosial kepedulian, 5 nilai sosial kerja sama, dan 4 nilai sosial tolong menolong. Novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dapat diimplikasikan pada pelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester II, yaitu pada Kompetensi Dasar 3.12 menelaah struktur dan kebahasaaan teks ulasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Surismiati, S.Pd., M.Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: novel, nilai sosial, dan implikasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:53
Last Modified: 02 Sep 2022 01:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21685

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.