SRI RAHMAWATI, NIM. 312018042 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Doratoon Pada Materi Sastra Kreatif Siswa Kelas X IPA SMA Aisyiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312018042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
312018042_BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
312018042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
312018042_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
312018042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
312018042_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
312018042_DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
Text
312018042_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
Text
312018042_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, Sri. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Doratoon Pada Materi Sastra Kreatif Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. dan (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Doratoon, Sastra Kreatif. Media yang sering digunakan pada saat pembelajaran kerap kali membuat peserta didik merasa bosan dalam proses belajar. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis doratoon ini untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran terutama dalam materi sastra kreatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan pengembangan atau R&D (Research and Development) Allesi dan Trolip, subjek penelitian ini siswa kelas X IPA SMA Aisyiyah 1 Palembang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) Analisis kebutuhan dari peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran, (2) mendeskripsikan rancangan pengembangan produk media pembelajaran doratoonpada materi sastra kreatif, (3) mendeskripsikan hasil validasi dari media pembelajaran doratoon pada materi sastra kreatif. Hasil uji validitas dari kedua ahli memiliki kategori sangat layak. Validasi yang dilakukan oleh ahli media memperoleh nilai 89,3% dan ahli materi 88,3%. Hasil uji coba kelompok kecil kepada 6 peserta didik memperoleh nilai 90,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil validasi kedua ahli, serta uji coba pada peserta didik, bahwa media pembelajaran berbasis doratoon pada materi sastra kreatif dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti berharap agar media pembelajaran ini dapat menjadi inspirasi bagi pendidik untuk meningkatkan kualiats pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Doratoon, Sastra Kreatif. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 03:36 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 03:36 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21679 |
Actions (login required)
View Item |