KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS X MA NURUL HIKMAH AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN

Nanik Rada, NIM. 312018021 (2022) KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS X MA NURUL HIKMAH AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
312018021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
312018021_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
312018021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
312018021_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Membaca Puisi, Melalui Metode Demonstrasi Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang di lakukan secara tatap muka, peserta didik harus mampu mengindentifikasi kontek setiap metode atau pendekaan yang sesuai dengan materi pokok dan masalah yang ada untuk memastikan setiap pembelajaran dan tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal. Maka diperlukan pendekatan atau metode pembelajaran untuk mengetahui keterampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi. Masalah dalam penelitian ini apakah siswa kelas X MA Nurul Hikmah Air Kumbang Kabupaten Banyuasin mampu membaca puisi menggunakan metode demonstrasi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa melalui metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes baca puisi untuk siswa, angket untuk siswa dan wawancara untuk guru. Objek penelitian ini diambil dari kelas X IPS1 berjumlah 33 orang yang terdiri dari 20 ketuntasan Minimal (KKM) siswa memperoleh nilai di atas KKM dengan nilai rata-rata 73,0. Dapat disimpulkan bahwa kelas X IPS 1 MA Nurul Hikmah Air Kumbang Kabupaten Banyuasin mampu membaca puisi menggunakan metode demonstrasi dan terbukti kebenarannya sesuai dengan hasil pengujian membaca puisi, hal ini diperkuat dengan data angket, bahwa siswa sudah pernah mendapatkan pengajaran tentang membaca puisi dan mereka memahami apa yang diajarkan oleh guru serta bertanya kepada guru apabila ada materi yang belum jelas. Penelitian menyarankan bahwa siswa meningkatkan minat belajar dalam bahasa Indonesia khususnya membaca puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra.Hj Sri Pawarnti,M.Pd 2. Drs.Hj Mustopa,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membaca Puisi, Melalui Metode Demonstrasi
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:23
Last Modified: 01 Sep 2022 01:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21668

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.