ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

HERTETTY KURNIA PUTRI, NIM 312018035 (2022) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img] Text
312018035_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
312018035_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
312018035_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
312018035_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
312018035_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
312018035_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018035_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Putri, Hertetty Kurnia. 2022. Analisis Nilai Pendidikan Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Refson, M.Pd., dan (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata kunci: nilai pendidikan, novel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai pendidikan yang terkandung dalam sebuah karya sastra, khususnya novel. Sebagai sebuah karya sastra, novel banyak menyajikan nilai-nilai positif salah satunya pada novel Si Anak Kuat karya Tere Liye. Oleh karena itu, masalah yang diangkat oleh peneliti sebagai bahan penelitian adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye serta implikasi terhadap pembelajaran di SMA. Novel ini juga dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai pendidikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Si Anak Kuat karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Peneliti menganalisis data dengan membaca novel Si Anak Kuat karya Tere Liye secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman awal, membaca ulang novel lebih cermat untuk memperoleh informasi lebih banyak, membuat sinopsis novel berdasarkan hasil bacaan, menganalisis nilai pendidikan dalam novel. Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye diantarnya: 1) Religius, 2) Kejujuran, 3) Toleransi, 4) Disiplin, 5) Kerja Keras, 6) Kreatif, 7) Mandiri, 8) Demokratis, 9) Rasa Ingin Tahu, 10) Cinta Tanah Air, 11) Cinta Damai, 12) Gemar Membaca, 13) Peduli Lingkungan, 14) Peduli Sosial, 15) Tanggung Jawab. Implikasi hasil penelitian pada novel Si Anak Kuat karya Tere Liye ini dapat dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada materi apresiasi buku-buku fiksi dengan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca yang berguna untuk tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: nilai pendidikan, novel
Uncontrolled Keywords: Pembimbing : 1. Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:19
Last Modified: 31 Aug 2022 01:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.