ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT CINTA DARI BIDADARI SURGA KARYA AGUK IRAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NURHAYATI, NIM. 312018028 (2022) ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT CINTA DARI BIDADARI SURGA KARYA AGUK IRAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018028_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text
312018028_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
312018028_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
312018028_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
312018028_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
312018028_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
312018028_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
312018028_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
312018028_Cover_sampai_Lampiran.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hayati, Nur. 2022. Analisis Nilai-Nilai Moral dalam Novel Surat Cinta dari Bidadari Surga Karya Aguk Irawan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing I: Drs. H. Mustofa, M.Pd. dan Pembimbing II: Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: Nilai-nilai Moral, novel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel yang berisi nilai moral yang dapat dijadikan sebagai bahan media untuk pemahaman terhadap nilai-nilai moral khususnya dalam bidang pendidikan karena novel Surat Cinta dari Bidadari Surga Karya Aguk Irawan dapat memberikan manfaat kepada pembacanya khususnya dari bentuk moral yang terdapat dalam tokoh-tokoh novel tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moral apa saja yang terdapat dalam Novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral apa saja yang terdapat dalam Novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan. Hasil penelitian dalam novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan yaitu; . (a) Hubungan Manusia dengan Tuhannya yang terdiri atas beriman, beribadah, berdoa, bersyukur, bersabar, puasa. (b) Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia yang terdiri atas saling menghargai, tolong menolong, memaafkan. (c) Hubungan Manusia dengan Diri Sendiri yang terdiri atas percaya diri, penyesalan. (d) Hubungan Manusia dengan Alam yang terdiri dari menjaga kelestarian alam. Peneliti menyarankan agar hasil nilai-nilai moral dalam novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin oleh pembaca. Implikasi hasil penelitian dalam novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester genap dengan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Pembaca dapat mengambil nilai-nilai moral dari novel Surat Cinta dari Bidadari Surga karya Aguk Irawan karena memiliki psan-pesan kehidupan yang dapat mendidik sebagai pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Mustofa, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai moral, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:17
Last Modified: 31 Aug 2022 07:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.