ANALISIS PSIKOLOGI TERHADAP KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SENANDUNG BISU KARYA AGUK IRAWAN M.N DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

RIA IKA DIWANTI, NIM 312018036 (2022) ANALISIS PSIKOLOGI TERHADAP KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SENANDUNG BISU KARYA AGUK IRAWAN M.N DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[img] Text
312018036_BAB II..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
312018036_BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
312018036_BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
312018036_BAB V..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
312018036_BAB VI..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
312018036_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
312018036_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312018036_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Diwanti, Ria Ika. 2022. Analisis Psikologi terhadap Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Senandung Bisu Karya Aguk Irawan M.N dan Implementasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt., dan (II) Surismiati S.Pd., M.Pd. Kata kunci: psikologi sastra, konflik batin, tokoh utama, novel Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui psikologi terhadap konflik batin tokoh utama dalam novel Senandung Bisu karya Aguk Irawan M.N dan Implementasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana kejiwaan tokoh dalam menghadapi konflik dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi terhadap konflik batin tokoh utama menurut teori Sigmund Freud meliputi Id, Ego dan Superego dalam novel Senandung Bisu Karya Aguk Irawan M.N. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel karya Aguk Irawan M.N yang berjudul Senandung Bisu yang terdiri dari 388 halaman, 13 x 20,5 cm. Penerbit Republika Penerbit. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian dalam novel Senandung Bisu karya Aguk Irawan M.N yaitu Ada tiga tokoh utama di dalam novel ini yaitu Rahim, Dlori, dan Zulfin. Ketiga tokoh ini memiliki struktur kepribadian berdasarkan psikologi, konflik batin dalam diri tokoh Rahim meliputi: rasa sedih, rasa ketakutan, rasa kesal, putus asa, rasa haru dan rasa kecewa akibat tidak mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya. Konflik batin dalam diri tokoh Dlori meliputi: rasa kesal, rasa cemas, rasa sedih, rasa penyesalan, dan rasa bersalah. Konflik batin dalam diri Zulfin meliputi: rasa kesedihan, rasa marah, rasa penyesalan. Analisis yang dilakukan ini dilihat dari konflik batin berdasarkan id, ego, dan superego yang ada dalam diri tokoh. Novel ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dengan hasilnya berupa RPP kelas XI KD 3.11 yang berguna untuk tenaga pendidik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi novel sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Gunawan Ismail, M.Pd., C.Mt. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: psikologi sastra, konflik batin, tokoh utama, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:29
Last Modified: 31 Aug 2022 01:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.