ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENDAHULUI ZAMAN KARYA KHAIRUL JASMI DENGAN TINJAUAN FEMINISME SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

RIQQAH PADHILAH, NIM. 312018034 (2022) ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENDAHULUI ZAMAN KARYA KHAIRUL JASMI DENGAN TINJAUAN FEMINISME SASTRA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312018034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img] Text
312018034_BAB II.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
312018034_BAB III.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
312018034_BAB IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
312018034_BAB V.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
312018034_BAB VI.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
312018034_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
312018034_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
312018034_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Padhilah, Riqqah. 2022. Analisis Citra Perempuan dalam Novel Perempuan yang Mendahului Zaman Karya Khairul Jasmi dengan Tinjauan Feminisme Sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. H. Mustofa, M.Pd., (II) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: citra perempuan, novel, feminisme sastra, pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah diskriminasi gender di masyarakat dan perempuan seringkali dikondisikan dalam posisi yang rendah dari kaum laki-laki sehingga membuat perempuan berada dalam posisi tertindas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan citra perempuan yang terdapat dalam novel Perempuan yang Mendahului Zaman karya Khairul Jasmi melalui tinjauan feminisme sastra dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Perempuan yang Mendahului Zaman karya Khairul Jasmi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penelitian ini mengkaji tentang citra perempuan pada tokoh Rahmah El Yunusiyyah sebagai tokoh utama yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun dikenai kejadian. Citra diri perempuan dalam aspek fisik terdapat tiga bagian, yaitu keadaan tubuh, ciri rambut dan wajah, dan cara berpakaian. Citra diri perempuan dalam aspek psikis terdapat empat bagian, yaitu kepandaian, perjuangan ditentang mendirikan sekolah perempuan, perjuangan dalam membela hak perempuan, dan perjuangan dalam menentang ketidakadilan. Citra sosial perempuan dalam aspek keluarga terdapat empat bagian, yaitu perlawanan dalam perjodohan, hubungan dengan ibunya, hubungan dengan tiga laki-laki, dan hubungan dengan saudarinya. Sedangkan citra sosial perempuan dalam aspek masyarakat terdapat tiga bagian, yaitu kontribusi dalam bidang pendidikan, kontribusi dalam bidang agama, dan kontribusi dalam bidang politik. Penelitian ini memiliki implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester II dengan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: citra perempuan, novel, feminisme sastra, pembelajaran
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:37
Last Modified: 31 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21609

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.