Tasya Dwinur Shafira, NIM. 702018073 (2022) HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK DENGAN TINGKAT PRESTASI DI SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 DAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 14 KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
702018073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
702018073_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
702018073_Cover_sampai_Lampiran..pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Gizi merupakan faktor terpenting untuk membentuk sumber daya manusia yang sehat dan produktif. Saat ini permasalahan gizi masih menjadi hal yang cukup serius terutama pada anak-anak. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyebutkan besaran masalah gizi pada balita dan anak-anak di Indonesia yaitu 19,6 % menderita gizi kurang 5,7 % gizi buruk dan 37,2 % stunting. Anak merupakan aset sumber daya manusia dan generasi penerus yang perlu diperhatikan kehidupannya, khususnya dalam hal status gizi. Status gizi adalah status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrient yang tergantung pada asupan gizi dan kebutuhan. Salah satu hal yang akan terjadi pada anak dengan gizi kurang adalah penurunan konsentrasi belajar serta gangguan pada proses pertumbuhan fisik lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat prestasi di sekolah pada siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer berupa perhitungan Indeks Massa Tubuh secara langsung dan data sekunder yaitu nilai raport siswa. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Chi-square diperoleh nilai p sebesar 0,005 (p value < 0,05). Hal ini berarti terdapat hubungan antara status gizi dengan tingkat prestasi di sekolah. Semakin baik status gizi seorang anak maka akan semakin bagus pula konsentrasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. dr. RA Tanzila, M.Kes 2. dr. Vina Pramayastri |
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, konsentrasi belajar, tingkat prestasi, siswa. |
Subjects: | Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Kedokteran |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:35 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:35 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21589 |
Actions (login required)
View Item |