HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK DENGAN TINGKAT PRESTASI DI SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 DAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 14 KOTA PALEMBANG

Tasya Dwinur Shafira, NIM. 702018073 (2022) HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK DENGAN TINGKAT PRESTASI DI SEKOLAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 6 DAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 14 KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702018073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702018073_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
702018073_Cover_sampai_Lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Gizi merupakan faktor terpenting untuk membentuk sumber daya manusia yang sehat dan produktif. Saat ini permasalahan gizi masih menjadi hal yang cukup serius terutama pada anak-anak. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyebutkan besaran masalah gizi pada balita dan anak-anak di Indonesia yaitu 19,6 % menderita gizi kurang 5,7 % gizi buruk dan 37,2 % stunting. Anak merupakan aset sumber daya manusia dan generasi penerus yang perlu diperhatikan kehidupannya, khususnya dalam hal status gizi. Status gizi adalah status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrient yang tergantung pada asupan gizi dan kebutuhan. Salah satu hal yang akan terjadi pada anak dengan gizi kurang adalah penurunan konsentrasi belajar serta gangguan pada proses pertumbuhan fisik lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat prestasi di sekolah pada siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer berupa perhitungan Indeks Massa Tubuh secara langsung dan data sekunder yaitu nilai raport siswa. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Chi-square diperoleh nilai p sebesar 0,005 (p value < 0,05). Hal ini berarti terdapat hubungan antara status gizi dengan tingkat prestasi di sekolah. Semakin baik status gizi seorang anak maka akan semakin bagus pula konsentrasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. RA Tanzila, M.Kes 2. dr. Vina Pramayastri
Uncontrolled Keywords: Status gizi, konsentrasi belajar, tingkat prestasi, siswa.
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:35
Last Modified: 23 Aug 2022 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21589

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.