AGUSTINA NOVYANTI, NIM. 342017006 (2022) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342017006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
342017006_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
342017006_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
342017006_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
342017006_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
Text
342017006_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
342017006_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
342017006_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
||
Text
342017006_Cover_sampai_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
Abstract
Salah satu keterampilan abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Pada Permendikbud No. 20 tahun 2016 disebutkan juga lulusan sekolah menengah haruslah memiliki keterampilan berpikir kritis. Faktor penentu keberhasilan dalam pembentukan keterampilan berpikir kritis peserta didik salah satunya ialah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah model pembelajaran guided inquiry. Diketahui mengemas materi dan model pembelajaran diperlukan pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksud ialah LKPD. Namun, dunia pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia, sedang dilanda pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran dari tatap muka berahli ke pembelajaran online. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat memfasilitasi peserta didik belajar secara online yaitu pengembangan e-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, penilaian guru, dan keterbacaan e-LKPD berbasis model guided inquiry pada pembelajaran materi sistem pernapasan kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analyze, design, dan develoment akan tetapi pada tahap implement dan evaluate tidak dilakukan karena terkaitnya keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penilaian kriteria kevalidan e-LKPD dari ahli materi diperoleh skor 80.00 dengan kriteria valid, dari ahli bahasa diperoleh skor 74.00 dengan kriteria valid dan ahli bahan ajar diperoleh skor 90.00 dengan kriteria sangat valid. Kemudian penilaian guru pada aspek materi diperoleh skor 92.00 dan aspek bahan ajar diperoleh skor 94.00 kedua aspek ini dikatakan praktis. Penilaian uji keterbacaan pada IPA 1 didapatkan skor 93.61 dan pada IPA 2 didapatkan skor 93.88 sehingga dapat terbaca dengan baik. Dengan demikian e-LKPD berbasis model guided inquiry dapat direkomendasikan untuk digunakan meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran materi sistem pernapasan kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1: Drs. Nizkon, M.Si 2: Dr. Wulandari Saputri, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Model pembelajaran guided inquiry, Keterampilan berpikir kritis, Sistem Pernapasan. |
Subjects: | Biologi > Fisiologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 00:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 00:29 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21512 |
Actions (login required)
View Item |