PENGARUH RISIKO LIKUIDITAS, RISIKO KREDIT, RISIKO PASAR DAN RISIKO OPERASIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Dwi Putri Amriyani, NIM. 92219016 (2021) PENGARUH RISIKO LIKUIDITAS, RISIKO KREDIT, RISIKO PASAR DAN RISIKO OPERASIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
92219016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
92219016_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Risiko Likuiditas, Risiko Kredit, Risiko Pasar dan Risiko Operasional Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Dwi Putri Amriyani. 2021. Pengaruh Risiko Likuiditas, Risiko Kredit, Risiko Pasar dan Risiko Operasional Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Prof. Nurlina T Muhyiddin, M.Si. Ph.D., (II) Dr. Yuhanis Ladewi, S.E., Ak., CA., M.Si. Abstrak Kinerja keuangan merupakan hasil kerja perusahaan dalam waktu tertentu dalam menggunakan modal yang ada. Kinerja keuangan mencerminkan seberapa besar kemampuan perusahaan dalam mengelola modal, aset dan utang yang dimiliki untuk meningkatkan profit perusahaan pada periode tertentu. Kinerja keuangan dapat dipengaruh oleh faktor mikro dan makro seperti risiko likuiditas, risiko kredit, risiko pasar dan risiko operasional. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor perbankan yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel 7 perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) risiko likuiditas terhadap kinerja keuangan perusahaan sub sektor perbankan; 2) risiko kredit terhadap kinerja keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan; 3) risiko pasar terhadap kinerja keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan; dan 4) risiko operasional terhadap kinerja keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji model, uji analisis dan rancangan hipotesis dengan menggunakan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko likuiditas, risiko kredit dan risiko operasional signifikan memengaruhi kinerja keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan risiko pasar tidak signifikan memengaruhi kinerja keuangan Perusahaan Sub Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Implikasi penelitian ini berupa pembuktian antara teori yang ada dengan kondisi di lapangan, sehingga layak diguanakan, dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam melakukan investasi pada lembar saham dan faktor yang perlu diperhatikan agar investasi yang dilakukan dapat terealisasi dengan baik. Kata kunci: Risiko likuiditas, risiko kredit, risiko pasar, risiko operasional, kinerja keuangan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Nurlina T Muhyiddin, M.Si. Ph.D., 2. Dr.Yuhanis Ladewi, S.E., Ak., CA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Risiko likuiditas, risiko kredit, risiko pasar, risiko operasional, kinerja keuangan
Subjects: Manajemen > organisasi dan keuangan
Divisions: PPS Manajemen (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:54
Last Modified: 20 Jul 2022 04:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.