MONITORING POWER OF HYDROGEN (PH) AIR TANAH DESA PANDAN ARANG KABUPATEN OGAN ILIR BERBASIS ARDUINO UNO

Al Farisi, Salman and Ardianto, Feby and Alfaresi, Bengawan and Oktaviani, Wiwin A. (2022) MONITORING POWER OF HYDROGEN (PH) AIR TANAH DESA PANDAN ARANG KABUPATEN OGAN ILIR BERBASIS ARDUINO UNO. In: Seminar Nasional Teknik Elektro 2021, 22 Oktober 2021, Bandung.

[img]
Preview
Text
Monitoring PH Air Tanah Prosiding SNTE 2021-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengukur pH (Power of Hydrogen) pada air adalah hal yang penting dilakukan untuk mengidentifikasi layak tidaknya air untuk kebutuhan masyarakat. pH adalah tingkat keasaman yang digunakan untuk menunjukkan seberapa asam atau basa air yang diukur dengan skala 0 sampai 14. Tujuan Penelitian ini merancang sebuah alat monitoring pH pada air. Metode penelitian memiliki 5 tahapan yaitu 1). Parameter penelitian, 2). Hardware dan software, 3). Perancangan 4). Pemrograman, 5). Pengujian. Hasil pengujian menunjukkan waktu yang dibutuhkan untuk sensor bekerja dengan stabil selama 3 sampai 4 detik, terdapat selisih nilai pengukuran sebelum dan sesudah kalibrasi, tingkat keakurasian sensor pH mencapai 96%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sensor pH, Arduino, Power of Hydrogen
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: WIWIN A OKTAVIANI ANWAR S.T
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:01
Last Modified: 18 Jul 2022 07:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.