ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

DESTI TRIA PUTRI, NIM.93218013 (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img] Text
93218013_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
93218013_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
93218013_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
93218013_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
93218013_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
93218013_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
93218013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
93218013_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Sistem pembelajaran daring salah satu bentuk untuk mewujudkan Revolusi Industri 4.0 yang menitikberatkan pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiwa, tetapi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring program studi pendidikan biologi di masa pandemi Covid-19 FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang pada bulan Juni-Juli 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada kegiatan perencanaan dosen membuat RPS atau SAP dan juga mempersiapkan bahan ajar selain itu mahasiswa juga melakukan perencanaan mulai dari tempat, kelengkapan alat tulis, dan kesipan belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran aplikasi yang sering digunakan zoom dan whatsapp. Metode pembelajaran yang dipakai diskusi tanya jawab. Kendala yang sangat sering ditemui dalam pembelajaran daring adalah masalah sinyal. Untuk kesiapan mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran daring cukup baik. Karakteristik mahasiswa dalam pembelajaran daring ini terlihat lebih kreatif. Bentuk evaluasi berupa tugas-tugas setelah akhir perkuliahan dan aplikasi yang digunakan whatsapp. Untuk ujian akhir semester dilakukan secara tertulis dengan dosen mengirimkan soal-soal di grup whatsapp. Kata kunci: Pembelajaran daring, pandemi covid-19, biologi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Prof. Dr. Indawan, M.Pd.
Subjects: Biologi
L Education > L Education (General)
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:54
Last Modified: 15 Jul 2022 03:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.