DESTI TRIA PUTRI, NIM.93218013 (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
Text
93218013_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
93218013_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
93218013_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
93218013_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
93218013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
Text
93218013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
93218013_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
93218013_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Sistem pembelajaran daring salah satu bentuk untuk mewujudkan Revolusi Industri 4.0 yang menitikberatkan pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiwa, tetapi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring program studi pendidikan biologi di masa pandemi Covid-19 FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang pada bulan Juni-Juli 2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada kegiatan perencanaan dosen membuat RPS atau SAP dan juga mempersiapkan bahan ajar selain itu mahasiswa juga melakukan perencanaan mulai dari tempat, kelengkapan alat tulis, dan kesipan belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran aplikasi yang sering digunakan zoom dan whatsapp. Metode pembelajaran yang dipakai diskusi tanya jawab. Kendala yang sangat sering ditemui dalam pembelajaran daring adalah masalah sinyal. Untuk kesiapan mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran daring cukup baik. Karakteristik mahasiswa dalam pembelajaran daring ini terlihat lebih kreatif. Bentuk evaluasi berupa tugas-tugas setelah akhir perkuliahan dan aplikasi yang digunakan whatsapp. Untuk ujian akhir semester dilakukan secara tertulis dengan dosen mengirimkan soal-soal di grup whatsapp. Kata kunci: Pembelajaran daring, pandemi covid-19, biologi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Prof. Dr. Indawan, M.Pd. |
Subjects: | Biologi L Education > L Education (General) |
Divisions: | PPS Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:54 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21436 |
Actions (login required)
View Item |