Fitri Haryanti, Nim. 622018048 (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 27 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622018048_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
622018048_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622018048_ BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
622018048_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
||
Text
622018048_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
Text
622018048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
622018048_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
622018048_Cover Sampai Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Keberadaan akhlak bagi semua anak merupakan suatu yang penting karena akhlak meningkatkan bagi seseorang termasuk siswa. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: Peranan guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa, Permasalahan apa yang dihadapi guru PAI dalam dalam membina akhlak siswa, Upaya yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 27 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa, mengetahui permasalahan apa yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 27 Palembang, dan mengetahui upaya apa yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 27 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data untuk memilih mana yang berkaitan dengan penelitian, kemudian penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam Pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 27 Palembang adalah dengan mendidik, mengajar, dan membimbing siswanya, 2) Permasalahan yang dihadapi guru Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 27 Palembang diantaranya kurangnya kesadaran diri siwa, kurangnya kerjasama orang tua, waktu belajar yang singkat, keaktifan siswa, dan 3) Upaya yang dilakukan guru Pendidikan agama Islam dalam mengatasi permasalahan-permasalahan diatas diatas diantaranya memberikan motivasi saat pembelajaran berlangsung, memancing keaktifan siswa, dan menggunakan beberapa metode yang dapat menunjang pembinaan akhlak siswa yaitu melalui keteladanan, melalui nasehat, dan pembinaan melalui hukuman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Azwar Hadi, S.Ag, M.Pd. 2. Dr. Hoirul Amri, M.E.Sy. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak Siswa. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Pendidikan Agama Islam > Metodelogi Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 04:05 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21422 |
Actions (login required)
View Item |