KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SMP NEGERI 13 AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR OGAN KOMERING ULU

Prima Azzahra, NIM. 622018036 (2022) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SMP NEGERI 13 AIR PAOH KECAMATAN BATURAJA TIMUR OGAN KOMERING ULU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018036_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
622018036_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
622018036_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
622018036_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
622018036_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
622018036_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018036_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kompetensi Kepribadian Guru Di SMP Negeri 13 Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu” ini ditulis oleh Prima Azzahra NIM : 622018036, sebagai pembimbing skripsi I adalah Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I dan pembimbing II adalah Muhammad Zainuddin Nawi LC., M.A pada tahun 2022. Metode penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kperibadian guru di SMP Negeri 13 Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu, Faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 13 Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu, upaya guru dalam meningkatakan kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 13 Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu. Adapun teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Kompetensi kepribadian guru di SMP Negeri 13 Air Paoh Kecamatan Baturaja Timur Ogan Komering Ulu rata-rata kepribadianya sudah baik di buktikan dengan adanya kepribadian yang disiplin ketika masuk kelas selalu tepat waktu, kepribadian yang jujur seperti guru yang meminjam buku di sekolah atau diteman sejawat maka guru selalu mengembalikannya, dan kepribadian berakhlak mulia semua guru sudah memakai busana muslim tutur bahasanya santun dengan anak-anak didik tidak permah marah, kepribadian yang penyabar guru di sekolah sana bisa di katanya penyabar karena selalu sabar ketika proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. Kemudian guru-guru sudah mencontohkan dan menerapkan kepada anak didiknya. Kedua, faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian guru dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dimana faktor tersebut ini meliputi dari keturunan atau pembawaan. Kepribadian manusia tidak muncul dengan sendirinya. Faktor keturunan atau bisa disebut dengan hereditas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Kemudian faktor eksternal yang berasal dari luar diri seorang guru baik lingkungan dalam dan dari lingkungan sekitar. Ketiga, Dengan melakukan kegiatan bermusyawarah sesama guru yang akan menjadi wadah bagi guru untuk menambah serta melatih wawasan dalam hal meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kepribadian. Adapun upaya peningkatan kompetensi kepribaidan meliputi : Meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT (shalat lima waktu, membaca Alqur’an, shalat malam, dan shalat sunat yang lain, mengikuti kegiatan keagamaan seperti pengajian, memberikan bantuan kepada orang lain, meningkatkan hubungan dengan sesama guru dan tetangga, menyadari tugas dan tanggung jawab guru akan dimintai pertanggung jawaban di hadapanAllah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2.Muhammad Zainuddin Nawi, LC., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, dan guru.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:16
Last Modified: 13 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.