ANALISIS YURIDIS PENJATUHAN PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS PEMBUNUHAN BERENCANA TERHADAP CALON PENDETA (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KAYUAGUNG NOMOR 372/PID.B/2019/PN KAG)

MATHYAS ADINATA, NIM. 91219010 (2022) ANALISIS YURIDIS PENJATUHAN PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS PEMBUNUHAN BERENCANA TERHADAP CALON PENDETA (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KAYUAGUNG NOMOR 372/PID.B/2019/PN KAG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91219010_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA....pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
2. 91219010_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
3. 91219010_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. 91219010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
5. 91219010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
6. 91219010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. 91219010_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hukum tidak terlepas dari kehidupan manusia karena hukum merupakan aturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupannya, karena tanpa adanya hukum kita tidak dapat membayangkan akan seperti apa nantinya negara kita ini. Kejahatan dapat timbul di mana saja dan kapan saja. Bahkan dapat dikatakan bahwa kejahatan itu terjadi hampir pada setiap masyarakat. Satu di antaranya kejahatan yang sering terjadi, dan sangat meresahkan adalah kejahatan pembunuhan. Dan kasus yang dibahas dalam Tesis ini adalah kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Nang dan Hendri (Studi Putusan Pengadilan Negeri Kayuagung Nomor 372/Pid. B/2019/PN Kag). Yang menjadi permasalahan dalam Tesis ini adalah apakah dasar atau acuan pertimbangan Majelis Hakim dalam menerapkan dan menjatuhkan hukuman pidana penjara seumur hidup terhadap para Terpidana dalam Putusan Pengadilan Negeri Kayuagung Nomor 372/Pid. B/2019/PN Kag? Dan Apakah putusan Pengadilan Negeri Kayuagung Nomor 372/Pid. B/2019/PN Kag tersebut telah mencerminkan rasa keadilan?. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan yaitu Terdakwa Nang dan Hendri atas perbuatannya yang telah melakukan tindak pidana pembunuhan, dan pencabulan didakwa dengan Pasal 340 KUHP dan Pasal 289 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1. Dalam kasus ini Hakim memutuskan perkara ini berdasarkan dakwaan JPU yang menuntut dengan dakwaan kumultif subsideritas. Dan untuk pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara ini menggunakan pertimbangan yuridis dan non yuridis, satu di antaranya kesemua unsur-unsur Pasal yang didakwakan sudah terpenuhi, oleh karena semua unsur dari Pasal 340 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 289 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP telah terpenuhi, maka para terdakwa haruslah dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan. Adapun hal-hal yang memberatkan perbuatan Nang dan Hendri, Perbuatan para terdakwa mengakibatkan korban meninggal dunia dan telah meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga korban, Perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat, Para Terdakwa melakukan perbuatan menghilangkan nyawa korban secara bersama - sama dengan cara yang sadis. Perbuatan para terdakwa mengakibatkan saksi mengalami rasa sakit dan trauma.Hal-hal yang meringankan adalah Terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya Dengan demikian diyakini bahwa hukuman seumur hidup yang telah dijatuhkan kepada para pelaku melalui Putusan Hakim Nomor 372/Pid.B/2019/PN Kag sudah cukup adil, Hukuman pidana seumur hidup juga merupakan hukuman yang tergolong cukup berat karena terpidana harus melewati masa hukuman penjara selama hidupnya sampai ia mati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Saipuddin Zahri, S.H., M.H. 2. Dr. Hj. Sri Suatmiati, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pembunuhan, Pidana Penjara Seumur Hidup, Pertimbangan Hakim, Putusan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Acara Pidana
Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Ilmu Hukum > Hukum Publik
Ilmu Hukum > Kejahatan
Ilmu Hukum > Konflik Hukum
Ilmu Hukum > Pengadilan Pidana
Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Ilmu Hukum > Undang-undang Dasar
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 21 May 2022 02:44
Last Modified: 22 May 2022 01:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21023

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.