ANALISIS EFISIENSI DAN KEUNTUNGAN PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI DESA MUARA BURNAI I KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

DEDI HERMANSYAH, NIM. 412017063 (2022) ANALISIS EFISIENSI DAN KEUNTUNGAN PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI DESA MUARA BURNAI I KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img] Text
412017063_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
412017063_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
412017063_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
412017063_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
412017063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
412017063_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
412017063_Cover_Sampai_Lampiran-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan pemasaran yang diperoleh oleh masing masing lembaga pemasaran yang ada di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran cabai merah yang ada di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya pada bulan November-Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling dan snowball sampling, metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa margin pemasaran pada tiap-tiap saluran disebabkan adanya perbedaan biaya pemasaran yang dikeluarkan dengan margin pemasaran yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebesar Rp5.000 pada saluran I, Rp6.000 pada saluran II dan Rp4.500 pada saluran III, keuntungan yang didapatkan pada saluran I ditingkat pasar lelang sebesar Rp420/Kg, pedagang besar sebesar Rp1.034/Kg pedagang pengecer kota sebesar Rp2.275/Kg, pada Saluran II ditingkat pedagang tengkulak sebesar Rp660/Kg pedagang besar Rp834/Kg pedagang pengecer kota sebesar Rp1.950/Kg, dan pada saluran III di pedagang pengecer desa sebesar Rp3.250/Kg. Secara ekonomis, saluran III lebih efisien dibandingkan dengan saluran I dan II karena nilai ekonominya lebih besar dibandingkan pada saluran lainnya, yaitu sebesar 3,87. Namun sebaliknya Secara teknis saluran I lebih efisien dibandingkan dengan saluran II dan III karna nilai teknis saluran I lebih kecil dari pada nilai teknis pada saluran lainnya yaitu sebesar 11,76.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rahmat Kurniawan, SP.,M.Si 2. Muhamad Sidik, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Keuntungan Pemasaran, Efisiensi pemasaran
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 17 May 2022 06:38
Last Modified: 17 May 2022 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.