STRATEGI PEMASARAN USAHA KOPRA PUTIH DI DESA MANGGAR RAYA KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Eka Setiawati, NIM. 412017031 (2022) STRATEGI PEMASARAN USAHA KOPRA PUTIH DI DESA MANGGAR RAYA KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
412017031-BAB I-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017031-BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
412017031-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
412017031-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
412017031-BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
412017031-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
412017031-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
412017031-COVER-SAMPAI-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk bertujuan mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal pemasaran kelapa dalam bentuk kopra putih di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan petani dalam memasarkan usaha kopra putih kelapa di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Manggar Raya Kecamatan Tanjung Lago pada bulan Agustus-Oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan metode penarikan contoh digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sensus. Metode pengolahan editing, coding, tabulating dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif .Hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran kopra putih yaitu Faktor Internal (Kekuatan): modal usaha, kualitas produk, limbah kopra masih memiliki nilai dan proses pengolahan sederhana. Faktor Internal (Kelemahan): tempat penyimpanan kopra kurang layak, tempat menyukil kopra kurang layak dan harga yang fluaktuasi dengan total IFAS sebesar 3,26. Kemudian Faktor Eksternal (Peluang): minat pembeli tinggi, pemasaran kopra mudah dan Harga produk. Faktor Eksternal (Ancaman): pesaing usaha kelapa mentah, Harga bahan baku dan cuaca yang tidak stabil mempengaruhi produksi dengan total EFAS sebesar 2,99. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh petani usaha kopra putih adalah strategi SO (Strength dan Opportunities) yaitu dimana usaha memanfaatkan semua kekuatan dan merebut peluang serta memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Harniatun Iswarini, SP.,M.Si 2. Puri Pratami Ardina Ningrum, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: strateri pemasaran, kopra putih, faktor internal eksternal
Subjects: Artikel Dosen
Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 17 May 2022 06:38
Last Modified: 17 May 2022 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.