ANALISIS TAMBAH DAN PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN BUAH SALAK DI KECAMATAN PAGAR ALAM UTARA KOTA PAGAR ALAM

Fela Abdarianita, NIM. 412017033 (2022) ANALISIS TAMBAH DAN PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN BUAH SALAK DI KECAMATAN PAGAR ALAM UTARA KOTA PAGAR ALAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
412017033_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
412017033_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
412017033_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
412017033_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
412017033_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
412017033_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
412017033_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
412017033_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai tambah home industy salak serta mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk olahan salak. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam pada bulan Juli 2021. Metode peneltian yang digunakan adalah wawancara. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah dengan sengaja (purposive sampling) dan kebetulan (accidental sampling), dimana penelitian ini terdapat 2 contoh home industry yaitu PUSANA GUGAR dan YULIA serta 15 responden yang menjadi unit sampel. Untuk menghitung nilai tambah menggunakan rumus nilai tambah. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap produk olahan dari buah salak masing-masing memiliki nilai tambah dan keuntungan. Untuk nilai tambah dodol salak sebesar Rp.36.400/Kg dengan jumlah hasil produksi sebesar 25 kg dalam 1 kali produksi. nilai tambah cokelat salak sebesar Rp. 90.333/ Kg dengan jumlah hasil produksi sebesar 42 kg dalam 1 kali proses produksi. Nilai tambah kopi biji salak sebesar Rp. 50.000/ Kg dengan jumlah hasil produksi sebesar 10 kg dalam 1 kali produksi. Dan keuntungan dari pengolahan dodol salak, cokelat salak, dan kopi biji salak di Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam sebesar Rp. 32.900/Kg untuk dodol salak, Rp. 86.833/Kg untuk cokelat salak, dan Rp 46.500/Kg untuk kopi biji salak.Serta hasil Faktor bauran pemasaran (Produk, harga, promosi, tempat) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk olahan salak sedangkan faktor yang berpengaruh secara langsung terhadap bauran pemasaran adalah faktor promosi dan faktor tempat di Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam ABSTRACT This study aims to analyze the added value of the salak home industry and to determine the influence of the marketing mix on consumer decisions to buy salak processed products. This research was carried out in Dempo Makmur Village, North Pagar Alam District, Pagar Alam City in July 2021. The research method used was interviewed. The sampling method used was purposive sampling and accidental sampling, where this study contained 2 examples of home industries, namely PUSANA GUGAR and YULIA, and 15 respondents who became the sample unit. To calculate the added value use the value-added formula. The results showed that each processed product from salak fruit has added value and advantages. The added value of salak lunkhead is Rp. 36,400/Kg with a total production of 25 kg in 1 time of production. the added value of salak chocolate is Rp. 90.333/ Kg with a total production of 42 kg in one production process. The added value of salak coffee beans is Rp. 50.000/ Kg with a total production of 10 kg in 1 time of production. And the profit from processing salak lunkhead, salak chocolate, and salak coffee beans in Dempo Makmur Village, North Pagar Alam District, Pagar Alam City is Rp. 32,900/Kg for salak lunkhead, Rp. 86,833/Kg for salak chocolate, and Rp 46,500/Kg for salak bean coffee. As well as results, marketing mix factors (product, price, promotion, place) jointly influence the purchasing decision of salak processed products while the factors that directly influence the mix Marketing is a promotional factor and a place factor in Dempo Makmur Village, North Pagar Alam District, Pagar Alam City

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Rahmat Kurniawan, S.P., M.Si. Pembimbing 2 : Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Analisis Nilai Tambah dan Bauran Pemasaran
Subjects: Agribisnis > Produksi pertanian
Manajemen > manajemen penjualan
Agribisnis > pemasaran pertanian
Manajemen > promosi penjualan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 14 May 2022 06:38
Last Modified: 14 May 2022 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.