PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN KOPERASI SEKOLAH DI SMA UNGGUL NEGERI 4 PALEMBANG

MARISA, NIM. 322017001 (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN KOPERASI SEKOLAH DI SMA UNGGUL NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322017001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
322017001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
322017001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
322017001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
322017001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
322017001_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
322017001_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
322017001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
322017001_Cover_sampai_Lampiran....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Marisa. 2022. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Koperasi Sekolah di SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Herasni Yaman, MM, (II) Dra. Rytha Petrossky, M.Si. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Koperasi Sekolah Berdasarkan observasi yang dilakukan pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera SMA Unggul Negeri 4 Palembang bahwa koperasi tersebut bergerak dibidang simpan pinjam dan serba usaha. Persepsi yang diberikan seseorang itu dapat berupa penilaian positif dan negatif dalam bentuk tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan koperasi sekolah di SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan koperasi sekolah di SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan meode persentase. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket yang disebarkan kepada 65 sampel penelitian. Angket terdiri dari 30 item pernyataan, Analisa data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan analisis peneliti yang dinyatakan responden dapat diketahui rerata persentase jawaban responden bahwa sebagian besar yaitu 78,14% yang menyatakan Sangat Setuju (SS) dan Setuju (S), kemudian sebagian kecil yaitu 21,86% yang menyatakan Ragu-ragu (R), Kurang Setuju (KS), dan Tidak Setuju (TS). Dengan demikian persepsi siswa terhadap pelaksanaan koperasi sekolah dapat dikategorikan sudah Baik, hanya sebagian kecil saja persepsi siswa terhadap pelaksanaan koperasi sekolah dapat dikategorikan Kurang Baik. Hal ini dapat disimpulkan sehubungan dengan uraian tersebut, pengetahuan perkoperasian berpengaruh positif terhadap perilaku berkoperasi siswa, artinya semakin banyak pengetahuan siswa tentang koperasi maka semakin positif pula perilaku berkoperasi siswa, persepsi berpengaruh positif terhadap perilaku berkoperasi siswa, artinya semakin baik persepsi siswa maka perilaku berkoperasi siswa akan semakin positif. Motivasi berpengaruh positif terhadap perilaku berkoperasi siswa, artinya semakin tinggi motivasi siswa maka akan semakin positif pula perilaku berkoperasi siswa, pengetahuan perkoperasian, persepsi dan motivasi secara stimulus berpengaruh terhadap perilaku berkoperasi siswa. Disarankan agar menciptakan lingkungan koperasi yang menyenangkan, meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personil koperasi, memberikan pendidikan dan latihan perkoperasian khususnya latihan melaksanakan manajemen koperasi, melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti penyelenggaraan training anggota, magang pada badan usaha lain dan sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku berkoperasi siswa yang belum terungkap secara lebih luas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Herman Seri, M.Pd 2. Dra. Rytha Petrossky, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Persepsi Siswa, Koperasi Sekolah
Subjects: Administrasi Pendidikan > Metode Mengajar dan Belajar
Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 May 2022 04:11
Last Modified: 10 May 2022 04:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.