ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII MTs

SAUSANTI NAFIDAH, NIM. 332017019 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[img] Text
332017019_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
332017019_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
332017019_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
332017019_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
332017019_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
332017019_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
332017019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332017019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nafidah, Sausanti 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linaer satu variabel pada siswa kelas VII MTs. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (2) Ummu Na’imah, M.Pd Kata Kunci : kemampuan penalaran matematis, dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Dalam belajar siswa tidak hanya cukup menghafal rumus dan menguasai perhitungan akan tetapi siswa juga perlu pembelajaran matematika dengan bernalar, dan kebanyakan siswa hanya mampu memahami maksud dari soal cerita tanpa mampu menguasai perhitungan.Siswa kurang dapat menguasai operasi-operasi hitung bilangan matematisnya secara jelas dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Penyebab lainnya ialah guru masih cenderung aktif, dengan pendekatan ceramah menyampaikan materi pada siswa sehingga kemampuan penalaran matematis siswa cenderung lemah. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Dengan pengkategorian tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang dan rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Penalaran matematis dalam menyelesaikansoal cerita persamaan linear satu variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsBarokatul Qodiri yang melaksanakan pembelajaran secara ofline yaitu sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang berfungsi sebagai data utama dalam penelitian ini. Analisis data bertujuan untuk menentukan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabelpada siswa kelas VII MTs Barokatul Qodiri. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian ini dengan hasil perbedaan pada tiap indikator kemampuan penalaran matematis, kemampuan menentukan pola dari suatu masalah matematika dikategorikan dengan persentase 58,13%, kemampuan melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan matematika yang berlaku dikategorikan dengan persentase 35,31%, kemampuan melaksanakan perhitungan dengan lengkap berdasarkan aturan matematika yang berlaku dikategorikan dengan persentase 36,88%, kemampuan menarik kesimpulan umum berdasarkan proses atau konsep matematika diketegorikan dengan persentase 23,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabelpada siswa kelas VII dikategorikan rendah dengan persentase 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd 2. Ummu Na’imah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis, dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 27 Apr 2022 01:54
Last Modified: 27 Apr 2022 01:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20824

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.