Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Discovery Learning

Vira Yuniar, NIM. 332017016 (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017016_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
332017016_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
332017016_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
332017016_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332017016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
332017016_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332017016_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Yuniar, Vira. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Drs. H Syaifudin, M.Pd., (II) Muslimin, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah, discovery learning, pecahan. Pemecahan masalah matematika adalah salah satu dari empat kemampuan yang disarankan oleh Polya untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah penting dikuasai oleh siswa karena merupakan proses menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh sebelumnya kedalam situasi baru yang belum diketahui. Pada kenyataanya kemampuan ini belum dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII dalam pembelajaran discovery learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Fitra Abdi Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VII.1 dan VII.3 yang jumlah keseluruhannya ada 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal essay berjumlah 4 soal secara online. Adapun hasil analisis data yang dilakukan untuk indikator pemahaman masalah diperoleh persentase 59,4%, indikator perencanaan penyelesaian diperoleh persentase 74,4%, indikator pelaksanaan rencana diperoleh persentase 79,1%, dan indikator peninjauan kembali diperoleh sebesar 10,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Syaifudin, M.Pd 2. Muslimin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, discovery learning
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 25 Apr 2022 00:58
Last Modified: 25 Apr 2022 00:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20739

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.