Tia Maryati, 622018043 (2022) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622018043_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
622018043_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
622018043_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
622018043_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
Text
622018043_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
Text
622018043_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
Text
622018043_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
622018043_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tia Maryati. 622018043. Skripsi dengan judul “PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG”. Permasalahan yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kompetensi sosial guru di SMA Muhammadiyah 6 Palembang, (2) Bagaimana keaktifan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang, (3) Adakah pengaruh antara kompetensi sosial terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Manfaat dari penelitian ini terdiri dari manfaat teoritis: hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi pembaca dan pihak-pihak yang berkepentingan, tentang pengaruh kompetensi sosial terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Manfaat praktis: a) hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai input bagi pemimpin dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kompetensi sosial terhadap keaktifan siswa, dan b) sebagai bahan pertimbangan dan sumbangan pemikiran bagi guru dalam memaksimalkan kompetensi sosial terhadap keaktifan siswa. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Tingkat kompetensi sosial guru di SMA Muhammadiyah 6 Palembang dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan perolehan data yang sudah dihitung kemudian dikategorikan, kompetensi sosial guru termasuk dalam kategori Sangat Baik yaitu berada pada interval 74-80 dengan nilai rata-rata 76,03. (2) Tingkat keaktifan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan perolehan data yang sudah dihitung kemudian dikategorikan, keaktifan siswa termasuk dalam kategori Cukup Baik yaitu berada pada interval 47-52 dengan nilai rata-rata 49,78. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial dan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana sebesar 1,17 dibandingkan dengan t tabel dengan df = 30 pada taraf signifikan 5% = 2,04 dan taraf signifikan 1% = 2,75. Jadi t hitung lebih kecil daripada t tabel, maka dapat diartikan bahwa Hipotesis nol (Ho) yaitu tidak ada pengaruh kompetensi sosial terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah 6 Palembang diterima. Kata Kunci: Kompetensi sosial, Keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.i 2. Dr. Saipuddin Zahri, S.H., M.H |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kompetensi sosial, Keaktifan siswa. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:37 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:37 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20667 |
Actions (login required)
View Item |