PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI SDN 2 GALIH SARI KECAMATAN LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

RISTIKA, 622018024 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI SDN 2 GALIH SARI KECAMATAN LALAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
622018024_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622018024_COVER_SAMPA[_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran di Sekolah Dasar Ngeri 2 Galih Sari Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyiuasin” ini ditulis oleh Ristika, NIM: 622018024, sebagai pembimbing skripsi I adalah Azwar Hadi S.Ag,. M.Pd. dan pembimbing skripsi adalah II Rijalussalihin,S.E.I., M.H.I. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah: (1) Bagaimana Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlqurAan? (2) Bagaimana Pelaksanaan Belajar Membaca Alquran Di Sekolah Dasar Negeri 2 Galih Sari Kecamatan Lalan Kabupaten Kabupaten Musi Banyuasin?. (3) apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SDN 2 Galih Sari Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin? Dalam penenlitian ini penulis menggunakan metode Kualitatif melalui dua sumber data yaitu data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan datadengan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penysajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : Pertama Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dalam penelitian initerlihat guru menjalankan perannya dengan baik yaitu perannya sebagai pembimbing yakni memberikan arahan dan bimbingan sesuai dengan tujuan yang diharapkan,peranan sebagai pelatih yakni memberikan pelatihan secara intelektual danmotorikserta perannya sebagai motivator bagi peserta didik yakni memberikantuntunan, apresiasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membantu peserta didik dalam hal pengembangan kamampuan membaca Al-Qur’annya kedua pelaksanaan membaca Alquran dalam pelaksaan membaca Alquran berjalan dengan baik, para siswa sangat bersemangat. Peran guru sangat di butuh kan dakam pelaksanaan membaca Alquran. Ketiga Faktor penghambat dan pendukung dalam membaca Alquran tedapat faktor eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Azwar hadi S.Ag,.M.Pd.I 2. Rijalush Shalihin, ,S.E, M. H.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:39
Last Modified: 19 Apr 2022 06:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20557

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.