PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI DESA KEBUN SAYUR KECAMATAN TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI)

MELIANA SYAPUTRI, 622018022 (2022) PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI DESA KEBUN SAYUR KECAMATAN TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
622018022_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
622018022_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
622018022_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
622018022_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
622018022_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
622018022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
622018022_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian anak dalam keluarga, pola pendidikan anak dalam keluarga, dan faktor penghambat serta pendukung pendidikan anak dalam keluarga di Desa Kebun Sayur Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui survey terhadap objek yang diteliti. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Kepribadian anak dalam keluarga di Desa Kebun sudah terlaksana dengan sangat baik. Terbukti diantaranya anak disana selalu hormat terhadap perintah orang tua, selalu melaksanakan ibadah shalat 5 waktu, bersedekah, dan saling tolong menolong. Ini menandakan bahwasanya anak-anak tersebut sudah memiliki kepribadian yang mukmin/beriman. Kedua, pola pendidikan anak dalam keluarga di Desa Kebun Sayur sudah terlaksana dengan sangat baik. Terbukti diantaranya pola yang diterapkan orang tua yaitu pola pendidikan dan pola pembiasaan. Pola pendidikan seperti hal nya memasukkan anak ke sekolah yang memiliki kualitas yang baik contohnya Pondok Pesantren, dan pola pembiasaan misalnya sudah dibiasakan dari kecil melakukan perbuatan yang mencerminkan kepribadian yang baik seperti jujur, bersikap adil, sopan santun, membiasakan shalat 5 waktu, bersedekah, mengaji, serta membantu sesama teman. Ketiga, faktor yang mempengaruhi orang tua mendidik anak dalam keluarga meliputi dari faktor penghambat terdiri dari dua keadaan yaitu internal yang meliputi Keluarga dan Pendidikan, kemudian eksternal yang meliputi Lingkungan dan Ekonomi. Dan faktor pendukung terdiri dari dua keadaan yaitu internal yang meliputi Keluarga dan Pendidikan, kemudian eksternal yang meliputi Lingkungan dan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Suroso PR, S.Ag.,M.Pd.I 2. Dr. H. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Anak, Kepribadian, dan Keluarga.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:34
Last Modified: 19 Apr 2022 06:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.