MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HIDAYAH KECAMATAN GANDUS PALEMBANG

Rohatik, Nim. 622010033 (2014) MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HIDAYAH KECAMATAN GANDUS PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI112-1704087702.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah Bagaimana kondisi sarana dan prasarana, bagaimana sistem pembelajaran agama, apa yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah, apakah ada hubungan antara sarana dan prasarana dan sistem pembelajaran dengan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah. Adapun yang dijadikan populasi dalam peneiitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga (KK) yang berjumlah 103 KK, yang memiliki anak usia SMP, yang sekolah di madrasah. Jumlah ini tersebar dalam 2 RT; yaitu RT 3 sebanyak 51 KK, dan RT 4 sebanyak 52 KK. Karena terbatasnya kemampuan yang ada pada penulis maka digunakan 25% dari seluruh populasi yaitu 26. Kemudian untuk memperoleh data penulis menggunakan metode: Wawancara yaitu tanya jawab atau wawancara yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan, yang meliputi, latar belakang berdirinya madrasah, persepsi masyarakat terhadap madrasah,metode mengajar di madrasah. Metode dokumentasi ini digunakan untuk mendapatkan data yang berbentuk dokumen, yang meiiputi ; jumlah penduduk, letak geografis desa, sejarah berdirinya madrasah, jumlah guru dan murid di madrasah, kurikulum yang di ajarkan di madrasah. Berdasarkan hasil peneiitian frekuensi tentang sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah tergolong sedang. Berdasarkan hasil peneiitian minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah, berdasarkan dari penilaian orang tua maka frekuensi tergolong tinggi. Hubungan antara sarana dan prasarana dengan minal masyarakat untuk menyekolahkan anak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah, berdasarkan hasil peneiitian terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai rxy lebih besar dari nilai r tabel (0, 39 > 0, 388) maka hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara sarana prasarana dengan minat dapat diterima. Hubungan antara sistem pembelajaran agama dengan minat masyarakat untuk menyekolahkan anak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah, berdasarkan hasil peneiitian tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan demikian maka hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara sistem pembelajaran agama dengan minat di tolak. Kepada Madrasah hendaknya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan pendidikan sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang di cita-citakan, dan juga dapat memenuhi harapan orang tua.Kepada orang tua hendaknya selalu membimbing putra-putrinya dirumah, karena pendidikan akan berhasil jika semua pihak saling membantu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Suroso PR. S.Ag.,MP,d.I 2. Drs. Antoni, M.H.I
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 22 Oct 2018 01:47
Last Modified: 22 Oct 2018 01:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.