PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

YULI LESTRIANI, NIM. 342015004 (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK KELAS X DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015004_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
342015004_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
342015004_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
342015004_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
342015004_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
342015004_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
342015004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
342015004_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Lestriani, Yuli. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Kelas X di SMA Negeri 10 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. (I) Dra. Hj. Kholillah, M.M. (II) Etty Nurmala Fadillah,S.Pd.,M.Pd., Kata kunci: bahan ajar, lkpd berbasis pq4r, perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Karakteristik dari Bahan Ajar berbentuk LKPD berbasi PQ4R pada materi Perubahan Lingkungan untuk Kelas X SMA Negeri 10 Palembang, 2) Kelayakan dari Bahan Ajar berbentuk LKPD berbasis PQ4R pada materi Perubahan Lingkungan untuk Kelas X SMA Negeri 10 Palembang, 3) Kepraktisan dari Bahan Ajar berbentuk LKPD berbasi PQ4R pada materi Perubahan Lingkungan untuk Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development), Model pengembangan yang digunakan adalah model Tessmer yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar kuesioner, lembar validasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Bahan ajar LKPD Berbasis PQ4R yang dikembangkan berisikan sumber-sumber pada materi yang berasal dari internet dan buku yang menjelaskan materi Perubahan Lingkungan, bahan ajar LKPD ini dicetak dengan ukuran A4 70 Gram, Isi LKPD berbasis PQ4R, terdiri dari 39 lembar dan didesain dengan semenarik mungkin dan dijilid seperti buku, 2) Validasi dilakukan dosen ahli bahan ajar dan perangkat pembelajaran, diperoleh validasi bahan ajar total skor 163, perangkat pembelajaran total skor 98dengan kategori layak, ahli materi total skor 158 dengan kategori sangat layak, ahli bahasa total skor 56 dengan kategori sangat layak, ahli evaluasi total skor 51 dengan kategori layak, dari hasil perhitungan ahli evaluasi ada 6 soal dikategorikan tinggi dan ada 4 soal dikategorikan cukup, ahli praktisi total skor 118 dengan kategori sangat layak. 3) Uji coba kepraktisan tahap One-to-One total skor 99,33 dengan kategori sangat praktis dan uji coba pada tahap Small Group total skor 94,22 dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, lkpd berbasis pq4r, perubahan lingkungan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:08
Last Modified: 07 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20180

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.