PERANAN ORANG TUA DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA DAMARWULAN KECAMATAN AIR SALEK KABUPATEN BANYUASIN

Novi Indriani, NIM. 622018031 (2022) PERANAN ORANG TUA DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA DAMARWULAN KECAMATAN AIR SALEK KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018031_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
622018031_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
622018031_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
622018031_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
622018031_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
622018031_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
622018031_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
622018031_Cover_sampai_Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Novi Indriani, NIM: 622018031, Judul: Peranan Orang Tua Dalam Menumbuh Kembangkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Damarwulan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin. Dosen Pembimbing I: Sri Yanti, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II: Muhammad Zainuddin Nawi, Lc. M.A. Permasalahan dalam skripsi ini: Bagaimana peranan orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca Al-Quran pada anak usia sekolah dasar di Desa Damarwulan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin ? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca Al-Quran pada anak usia sekolah dasar di Desa Damarwulan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin ? Adapun tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian kualitatif menggunakan angka dalam bentuk presentase dalam pengumpulan data dan memberikan penafsiran terhadapnya. Populasi dalam penelitian ini adalah para orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar dari umur 10-12 Tahun atau kelas 4-6 yang berjumlah 57 Kepala Keluarga. Sampel yang di ambil menggunakan tehnik sampling sistematis yaitu tehnik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut maka sawompel nya menjadi 28 Kepala Keluarga. Kesimpulan penelitian bahwa peranan orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca Al-Quran pada anak usia sekolah dasar di Desa Damarwulan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin sudah berjalan dengan cukup baik dengan nilai presentase 64,64% yang sudah menjalankan perannya mendidik, membimbing dan memberikan contoh yang baik kepada anaknya. Dan faktor pendukung orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca Al-Quran pada anak usia sekolah dasar di Desa Damarwulan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin ialah memberikan arahan kepada anak, ketika anak disuruh mengaji menurut, banyaknya guru pengajar membaca Al-Qur’an dan memberikan suatu alat agar mempermudah anak dalam membaca, memahami atau mempelajari Al�Qur’an. Faktor penghambatnya karena anak sudah sering bermain hp dan orang tua yang kurang paham dan mengerti tentang bacaan Al-Qur’an maka anak merasa bahwa membaca Al-Qur’an itu tidak penting, ditambah lagi orang tua yang terlalu sibuk bekerja maka anak kurang diberi perhatian atau dorongan untuk semangat belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Sri Yanti, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Muhammad Zainuddin Nawi, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: peranan, orang tua, minat baca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:43
Last Modified: 07 Apr 2022 02:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.