DAMPAK SOSIAL KONTEN DAKWAH USTADZ SYAM PADA APLIKASI TIKTOK REMAJA DESA ULAK KEMBAHANG I PEMULUTAN BARAT OGAN ILIR

Dwi Wahyu, NIM. 612018001 (2022) DAMPAK SOSIAL KONTEN DAKWAH USTADZ SYAM PADA APLIKASI TIKTOK REMAJA DESA ULAK KEMBAHANG I PEMULUTAN BARAT OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612018001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612018001_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
612018001_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
612018001_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
612018001_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
612018001_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
612018001_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
612018001_Cover_sampai_Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul" Dampak Sosial Konten Dakwah Ustadz Syam pada Aplikasi Tiktok ke Remaja Desa Ulak Kembahang I, Pemulutan Barat Ogan Ilir ini di tulis oleh Dwi Wahyu, NIM 612018001, sebagai pembimbing Skripsi adalah Titin Yenni, S.Ag, M.Hum dan pembimbing Il adalah Ahmad Tasmi, S.Sos.I M.Pd.I pada tahun 2021. Latar belakang pada penelitian in yaitu dampak sosial konten dakwah melalui apikasi tiktok yang disini peneliti lebih memfokuskan dengan dakwahnya Ustadz Syam yang mana ia juga ikut berkecimpung pada aplikasi yang lagi viral ini yaitu aplikasi tiktok. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi tiktok di desa Ulak Kembahang I dan dampak sosial konten dakwah ustadz Syam pada aplikasi tiktok ke remaja desa Ulak Kembahang Pemuluta Barat Ogan Ilir. Sat ini konten video sudah banyak tersebar di media sosial diberbagai negara termasuk di Indonesia. Pertumbuhan konten video sendiri dapat dengan mudah diunggah ke internet, hal in didukung dengan kemajuan kecepatan internet. Banyak platform maupun aplikasi yang menyediakan dukungan pembuatan video dengan hal menarik pada pengguna smartphone. Salah satunya terdapat pada aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video music Tiongkok yang diluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi tersebut membolehkan para pengguna untuk membuat video pendek mereka sendiri yang salah satunya ialah konten video dakwah. Sebagian bear pengguna aktif aplikasi tiktok ini adalah para remaja, termasuk juga remaja muslim. Masa remaia menurut Mappiare berlangsung antara umur 12-21 tahun bagi wanita dan 13-22 tahun bagi pria. Adapun tehnik pengumpulan data ialah melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menjelaskan, menggambarkan serta menguraikan hasil penelitian. Hail penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, penggunaan aplikasi tiktok pada remaja desa Ulak Kembahang I sangat berperan penting yang mana hampir 83% remaja desa Ulak Kembahang I menggunakan aplikasi tiktok dengan berbagai alasan yaitu sebagai hiburan dan Pelepas penat atau bosan, untuk menambah wawasan, kemudian karena memiliki fitur-fitur yang menarik. Kedua, dampak sosial konten dakwah ustadz Sam terhadap remaja pada aplikasi tiktok tidak terlalu tampak, namun dapat dirasakan dibeberapa keadaan dan kumpulan remaja terutama anak Irma di desa Ulak Kembahang I. dampak yang paling besar terjadi ialah sebuah pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari, bertambahnya wawasan, kemudian sebagai menjadi pengingat untuk selalu menjadi lebih baik lagi dan termotivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Titin Yeni, S.Ag., M.Hum Pembimbing 2 : Achmad Tasmi, S.Sos.i., M.Pd.i
Uncontrolled Keywords: Dampak sosial, konten dakwah, aplikasi tiktok
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Pendekatan dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:27
Last Modified: 06 Apr 2022 02:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20147

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.