PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Lidia Sri Agustina, NIM. 622018057 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018057_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
622018057_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018057_Caver_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG Lidia Sri Agustina Universitas Muhammadiyah Palembang Lidiasriagustina@gmail.com ABSTRAK Lidia Sri Agustina, NIM 622018057, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Yang disampaikan oleh responden yakni guru pendidikan agama islam SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Palembang, (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Peran guru Pendidikan Agama Islam ialah Sebagai pendidik ialah seorang yang memberikan pendidikan atau ilmu dalam bidang aspek keagamaan dan membimbing anak didik kearah pencapaian kedewasaan serta membentuk kepribadian muslim yang berakhlak, sehingga terjadi keseimbangan kebahagiaan di dunia dan akhirat.dan Model/teladan, tentu saja pribadi dan apa yang dilakukan oleh guru akan mendapat sorotan dari peserta didik serta orang disekitar lingkungannya yang menganggap atau mengakuinya sebagai guru. Akhlak adalah tabiat seseorang, yakni keadaan jiwa yang terlatih, sehingga dalam jiwa tersebut benar-benar telah melekat sifat-sifat yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikirkan dan diangan-angankan terlebih dahulu. Dapat dipahami juga bahwa akhlak itu harus tertanam kuat atau tetap dalam jiwa dan melahirkan perbuatan yang benar secara akal, juga harus benar secara syariat islam yaitu al-qur’an dan hadist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sri Yanti S.Pd,. M.Pd 2. Helyadi, S.H, M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:35
Last Modified: 04 Apr 2022 01:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.