TINJAUAN EKONOMI ISLAM TENTANG POTONGAN TIMBANGAN DALAM JUAL BELI GETAH KARET (STUDI KASUS DI DESA SUKAMULYA, KECAMATAN BETUNG, KABUPATEN BANYUASIN)

Atika Febri Yaningrum, NIM. 642017006 (2021) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TENTANG POTONGAN TIMBANGAN DALAM JUAL BELI GETAH KARET (STUDI KASUS DI DESA SUKAMULYA, KECAMATAN BETUNG, KABUPATEN BANYUASIN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017006 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
642017006 BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

ABSTRAK Atika Febri Yaningrum 642017006 Tinjaun Ekonomi Islam Tentang Sistem Potongan Timbangan Dalam Jual Beli Getah Karet (Studi Kasus Di Desa Sukamulya, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara potongan dalam timbanganjual beli getah karet di Desa Sukamulya Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin? 2) Bagaimana pandangan Ekonomi Islam tentang potongan timbangan dalam jual beli getah karet di Desa Sukamulya Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin? 3) Apakah dampak potongan timbangan timbangan tersebut bagi para petani getah karet? Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara dengan 12 petani dan 4 pembeli (Bos), dan juga sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan keputusan lainnya. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, terdapat beberapa masyarakat yang masih belum memahami sistem jual beli karet yang sesuai dengan ketentuan ekonomi islam. Faktor pendidikan yang rendah mengakibatkan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem jual beli yang sesuai dengan ketentuan ekonomi islam. Kedua, praktik jual beli getah karet dilakukan dengan adanya sistem potongan timbangan yang dilakukan oleh sebagian pembeli (Bos) dikarenakan adanya penyusutan getah karet. Penyusutan kadar air pada getah karet merupakan celah bagi para pembeli (Bos) untuk mengambil keuntungan yang lebih besar dengan menerapkan potongan timbngan tersebut. Ketiga, jual beli getah karet yang terjadi di Desa Sukamulya, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin merupakan jual beli yang fasid karena merugikan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Purmansyah Ariadi, S.Ag., M.Hum 2. Hendri Nur Alam SE.,M.SI
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Getah karet, Potongan timbangan
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:37
Last Modified: 31 Mar 2022 04:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.