PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JERAMBAH RENGAS KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

FEBBY DWIYANTI, NIM. 622018005 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JERAMBAH RENGAS KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622018005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622018005_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
622018005_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
622018005_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
622018005_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
622018005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
622018005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622018005_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dunia pendidikan saat ini dihadapkan dengan wabah COVID-19 yang memberikan dampak terhadap proses pembelajaran yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga hal ini dapat mempengaruhi proses serta tingkat perkembangan peserta didik dalam merespon materi yang disampaikan pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran, upaya guru dalam mengatasai permasalahan serta kelebihan dan kekurangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Google Classroom ada tiga kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal memberi motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kegiatan inti menyampaikan materi dengan metode dan media yang sudah disiapkan. Kegiatan akhir yaitu memberi kesimpulan. Kedua, Upaya guru mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Google Classroom yaitu merancang kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi darurat COVID-19, mengadakan pelatihan bidang IT, kolaborasi antar guru mata pelajaran, dan pemberian reward sebagai upaya untuk menumbuhkan antusias siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Google Classroom di Sekolah Dasar Negeri 1 Jerambah Rengas. Ketiga, kelebihan Google Classroom dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah lebih mudah digunakan, mudah dipahami, mudah membagikan dokumen, efisien dan dapat menambah pengetahuan tentang teknologi. Keempat, kekurangannya adalah sinyal, kuota, terkendala jarak, tidak mengetahui proses penyelesaian tugas. Kata Kunci: Pembelajaran, PAI, Google Classroom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ani Aryati, S.Ag., M.Pd.I 2. Zulkipli, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PAI, Google Classroom
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:35
Last Modified: 30 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.