Motivasi Pemilik Usaha Kuliner Dalam Memberi Label Halal dirumah Makan Rocket Chicken Wirosentiko Palembang

Reza Yuliana, Nim : 642018005 (2022) Motivasi Pemilik Usaha Kuliner Dalam Memberi Label Halal dirumah Makan Rocket Chicken Wirosentiko Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642018005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf

Download (992kB) | Preview
[img] Text
642018005_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
642018005_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
642018005_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
642018005_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
642018005_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
642018005_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
642018005_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Peniliti melakukan tinjauan tentang Motivasi Pemilik Usaha Kuliner Dalam Memberi Label Halal Di Rumah Makan Rocket Chicken Wirosentiko Palembang. Tujuan Penelitian untuk mengetahui motivasi pemilik usaha kuliner dalam memberi label halal di Rumah Makan Rocket Chicken Wirosentiko Palembang, untuk mengetahui manfaat setelah adanya sertifikasi MUI di Rumah Makan Rocket Chicken Wirosentiko Palembang dan untuk mengetahui langkah – langkah pemilik usaha dalam memberi label halal di Rumah Makan Rocket Chicken. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari sudut bidang yang diteliti adalah termasuk penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teori yang dikemukakan bersifat sementara, dan akan berkembang atau berubah setelah penelitian berada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama motivasi pemilik usaha dalam memberi label halal ialah untuk mendapatkan pengakuan konsumen, rasa tanggung jawab, mengikuti aturan dari pemerintah, untuk mensupervisi dalam arti melakukan peningkatan kualitas makanan, untuk menciptakan kondisi lingkungan yang baik agar prestasi tinggi dapat tercipta, untuk mencari keberkahan dan melaksanakan perintah allah swt yang mengharuskan menjual atau mengkonsumsi produk makanan dan minuman harus halal dan baik untuk di makan oleh umat muslim. Kedua manfaat setelah adanya sertifikat halal di rumah makan rocket chicken ini adalah dalam meningkatkan konsumen sangatlah besar dari hari ke hari baik untuk konsumen muslim maupun non muslim dengan adanya sertifikat halal tersebut pengunjung akan merasa lebih tenang dan nyaman pada saat memesan makanan tanpa rasa khawatir akan apa yang akan mereka konsumsi di rumah makan rocket chicken. Ketiga langkah – langkah owner Rocket Chicken memperoleh label halal ialah memahami persyaratan sertifikasi halal dan mengikuti pelatihan sistem jaminan halal, menerapkan sistem jaminan halal, menyiapkan dokumen, melakukan pendaftaran, melakukan monitoring pre audit dan pembayaran akad sertifikasi, pelaksanaan audit, dan melakukan monitoring pasca audit barulah dapat memperoleh sertifikat halal. Kata kunci: Sertifikat halal, usaha rumah makan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Rulitawati S.Ag., M.Pd.I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Sertifikat halal, usaha rumah makan
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:53
Last Modified: 23 Mar 2022 05:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.