ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 50 PALEMBANG

Eva Diyaningsih, NIM. 332017005 (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 50 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
33201700_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017005_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
332017005_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
332017005_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
332017005_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
332017005_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
332017005_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
332017005_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
332017005_Cover-SAMPAI_Lampiran....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Eva Diyaningsih. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Newman pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 50 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dr. H. Muslimin Tendri,M.Pd., (2) Nyimas Inda Kusumawati,S.Si.,M.Pd. Kata Kunci : analisis kesalahan, newman,bilangan bulat. Berdasarkan hasil UN 2019 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal materi bilangan bulat terlihat pada peresentase siswa yang menjawab benar sebanyak 36,16% dengan nilai daya serap kurang dari 55,00%. Pada pelajaran matematika siswa sering mengalami kesalahan dalam menjawab soal berbentuk cerita, kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita adalah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, masalah keterampilan proses dan kesalahan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman kelas VII SMP Negeri 50 Palembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.8 sebanyak 24 siswa, VII.9 sebanyak 25 siswa dan VII.10 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang berfungsi sebafai data utama dalam penelitian ini. Analisis data bertujuan untuk menentukan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 50 Palembang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian Kesalahan siswa SMP Negeri 50 Palembang dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori newman tergolong sedang, adapun jenis kesalahan tersebut antara lain: (1) Kesalahan membaca, yakni siswa tidak mampu membaca kata-kata maupun simbol yang terdapat dalam soal dengan benar. (2) Kesalahan pemahaman, yakni siswa tidak mengetahui masalah yang terdapat dalam soal sehingga menyebabkan siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan soal. (3) Kesalahan Transformasi, yakni siswa belum mampu untuk memilih operasi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan pada soal. (4) Kesalahan proses, yakni siswa belum mampu melakukan operasi hitung dengan prosedur yang benar dalam menyelesaikan soal. (5) Kesalahan jawaban akhir, yakni siswa tidak mampu dalam menentukan jawaban akhir yang benar dan tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, newman,bilangan bulat.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:00
Last Modified: 22 Mar 2022 05:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.