Hubungan Kenaikan Iuran BPJS Dengan Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Satu Di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang

VIRA MEGA SARI, NIM. 702017009 (2022) Hubungan Kenaikan Iuran BPJS Dengan Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Satu Di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
702017009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
702017009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
702017009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
702017009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
702017009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702017009_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan kesehatan yang diberikan dengan kebutuhan yang diinginkan pasien atau kesesuaian dengan ketentuan standar pelayanan. Kepuasan pasien menjadi bagian integral dari kegiatan jaminan mutu pelayanan kesehatan. Artinya, pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran mutu layanan kesehatan. Adanya kebijakan kenaikan iuran BPJS yang diusulkan oleh dewan jaminan sosial menimbulkan berbagai respon baik pada tingkat pemerintah maupun masyarakat sendiri. Respon tersebut dalam arti untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan menutupi anggaran BPJS yang defisit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kenaikan iuran BPJS dengan mutu layanan kesehatan tingkat satu di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Penelitian telah dilakukan di akan dilakukan di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang pada bulan Oktober sampai Januari 2021. Sampel penelitian ini adalah pasien yang berobat di Puskesmas Basuki Rahmat Palembang pada bulan Oktober hingga Januari 2021 yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusii yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kenaikan iuran BPJS dalam kategori sedang (48%) di Puskesmas Basuki Rahmat. Gambaran mutu layanan paling banyak dalam kategori sedang (48%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kenaikan iuran BPJS dengan mutu layanan kesehatan tingkat satu di Puskesmas Basuki Rahmat dengan nilai p=0,004 (p<0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Syahrul Muhammad, MARS 2. Resy Asmalia, S.KM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kenaikan Iuran, BPJS
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:30
Last Modified: 14 Feb 2022 04:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19293

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.