Pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar perserta didik kelas x otkp di smk negri 1 palembang

INDAH LESTARI, NIM. 322016003 (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar perserta didik kelas x otkp di smk negri 1 palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
322016003_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
322016003__BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Indah. 2021. Pengaruh penggunaan media Pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negri 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Hj. Herasni Yaman., M.M, (II) Dra. Rytha Petrossky,M.Si Kata Kunci:Media Pembelajaran Powerpoint, dan Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini yaitu masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sering kali peserta didik kurang percaya diri serta kurang bisa bekerja sama dalam memecahkan masalah yang diberikan. Sehingga, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahAdakah Pengaruh penggunaan media Pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negri 1 Palembang.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakahPengaruh penggunaan media Pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negri 1 Palembang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil 64 peserta didik yaitu dibagi dua kelas, 32peserta didik kelas eksperimen dan 32peserta didik kelas kontrol .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan soal tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian dalam penelitian ini, maka hasil belajar menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh rata-rata 〖 x〗_1= 72,91 dan nilai standar deviasi S1 =11,31 dan hasil belajar menggunakan media pembelajaran powerpoint diperoleh nilai rata-rata 〖 x〗_1= 86,59 dan nilai standar deviasi S1 =9,23. Kemudian dari analisis data dengan menggunakan statistik uji tdiperoleh thitung = -5,133 dan ttabel=1,99 untuk α= 0,05 dan dk= 64, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menunjukkan thitung berada pada daerah penolakan Ho yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwaPengaruh penggunaan media Pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X OTKP di SMK Negri 1 Palembang. Disarankankepada para pendidik untuk berupaya melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas dalam proses belajar dan mengajar agar dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Maka dari itu, diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1. Dr. Hj. Herasni Yaman, M.M. 2. Dra. Rytha Petrossky, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Powerpoint, dan Hasil Belajar
Subjects: Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:02
Last Modified: 13 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.