ANALISIS PRODUKTIVITAS KINERJA DENGAN METODE TIME AND MOTION STUDY DAN 5S (STUDI KASUS DI BENGKEL HENDRI MOTOR SPORT)

MUHAMAD TRY DERMAWAN, NIM. 152017012 (2021) ANALISIS PRODUKTIVITAS KINERJA DENGAN METODE TIME AND MOTION STUDY DAN 5S (STUDI KASUS DI BENGKEL HENDRI MOTOR SPORT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
152017012_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan produktivitas pekerja di bagian servis (perawatan) dalam hal ini adalah besarnya waktu baku mekanik dalam penyelesaian servis kendaraan . Waktu baku adalah waktu yang dibutuhkan seorang pekerja yang memiliki tingkat kemampuan rata-rata dalam menyelesaikan suatu pekerjaannya. Kerangka pemikiran penelitian ini berupa pengukuran waktu time and motion study dari pekerjaan servis (perawatan) kendaraan yang meliputi langkah kerja ganti oli mesin, ganti oli gardan, membersihkan Karburator dan check pengapian (busi) sehingga diketahui waktu baku untuk setiap langkah-langkah kerja dan waktu keseluruhan langkah kerja tersebut. Metodologi peneltian ini dilakukan menggunakan metodologi penelitian deskriptif, yaitu suatu metodologi yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang sejelas-jelasnya tentang uji time and motion study untuk mengetahui waktu baku pada pekerjaan servis kendaraan dengan menggunakan sampel mekanik Ardy, Nawan, dan Agus dan hasilnya dibuat kesimpulan secara umum. Dari hasil pengukuran time and motion study di bagian sevis (perawatan) dengan langkah kerja ganti oli mesin, ganti oli gardan, membersihkan karburator dan check pengapian (busi) didapatkan waktu baku adalah sebesar = 26.95 menit. penghematan rata-rata waktu berdasarkan Stop watch time study perbaikan sesudah 5S yaitu sebesar 40,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng 2. Masayu Rosyidah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Time and Motion Study, dan Waktu Baku
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Dec 2021 01:50
Last Modified: 04 Dec 2021 01:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19132

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.