PENERAPAN SISTEM PERSIDANGAN PIDANA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS I PALEMBANG)

Suhendra, NIM. 91217081 (2021) PENERAPAN SISTEM PERSIDANGAN PIDANA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS I PALEMBANG). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91217081_BAB I_DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
91217081_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN SISTEM PERSIDANGAN PIDANA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS I PALEMBANG) Oleh : SUHENDRA Musibah wabah virus corona atau yang disebut juga Corona Virus Disease 2019 (Covid19) dinyatakan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO) pada Maret 2020. Pelaksanaan persidangan perkara pidana yang biasanya dilaksanakan tatap muka, pada masa pandemi Covid 19 ini dilaksanakan secara virtual atau online akibat pembatasan kegiatan pada masa pandemi Covid 19. Pelaksanaan persidangan pidana pada lingkup Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (dalam hal ini pelaksanaan di Rumah Tahanan Negara) juga dilaksanakan secara online berdasarkan perjanjian kerjasama antara Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kejaksaaan Republik Indonesia, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Persidangan Melalui Teleconference. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan sistem persidangan pidana secara online pada masa pandemi Covid 19 dan kendala apa yang dihadapi dalam penerapan sistem persidangan pidana secara online pada masa pandemi Covid 19 (studi kasus pada Rumah Tahanan Kelas I Palembang). Dalam penelitian ini menggunakan metodepenelitian hukum empiris dengan mengumpulkan data sebagian dari lapangan baik melalui cara pengamatan maupun tanya jawab dengan pejabat atau petugas yang ada pada Rumah Tahanan Negara Kelas I Palembang mengenai penerapan sistem persidangan pidana online pada masa pandemi Covid 19. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan persidangan pidana secara online pada masa pandemi Covid 19 pada prinsipnya, hakim atau majelis hakim, panitera pengganti, penuntut bersidang di ruang sidang pengadilan. Sementara terdakwa mengikuti sidang dari Rumah Tahanan Kelas I Palembang tempat terdakwa ditahan dengan didampingi atau tanpa didampingi penasihat hukumdan kendala yang dihadapi dalam penerapan persidangan perkara pidana secara online pada masa pandemi Covid 19 yaitu jaringan internet yang tidak stabil bahkan bisa terputus dan masa isolasi serta waktu perawatan para tahanan atau terdakwa yang positif mengidap virus Covid 19 meyebabkan penyesuaian kembali jadwal persidangan. Kata Kunci : Persidangan perkara pidana, online, pandemi Covid 19

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Erli Salia, S.H., M.H. 2. Dr. Hj. Sri Sulastri, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Persidangan perkara pidana, online, pandemi Covid 19
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:55
Last Modified: 23 Nov 2021 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.