PENGARUH JATUHAN FLUIDA PADA SUDU TUNGGAL TURBIN TERHADAP DAYA KELUARAN TURBIN ULIR ARCHIMEDES 5 KW

MUHAMMAD AGUS SYAHPUTRA, NIM. 132016143 (2021) PENGARUH JATUHAN FLUIDA PADA SUDU TUNGGAL TURBIN TERHADAP DAYA KELUARAN TURBIN ULIR ARCHIMEDES 5 KW. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016143_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text
132016143_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan energi semakin meningkat seiring meningkatnya perkembangan kebutuhan manusia. Salah satu sumber energi terbarukan yang sangat berpotensi untuk dimanfaatkan di Indonesia adalah energi air. Pembangkitan listrik berbasiskan energi terbarukan dengan memanfaatkan energi air dapat dikembangkan dalam skala besar maupun kecil. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau terjunan air dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besaran daya sesuai kuantitas fluida terhadap daya keluaran turbin ulir Archimedes 5 kW. Metode penelitian ini dilakukan pengambilan data perhitungan dan pengukuran kecepatan aliran, luas penampang, dan debit air. Hasil data pengukuran dan perhitungan selanjutnya diverifikasi dan divalidasi dan dibentuk dalam tabel dan grafik. Dari pengukuran Berdasarkan penelitian dan pengukuran besaran daya sesuai dengan kuantitas fluida. Kuantitas daya keluaran Turbin Archimedes sesuai dengan besaran pengaruh jatuhan fluida dengan sudut kemiringan 41ᵒ dengan daya keluaran 5,6 kW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh, M.Eng. 2. Yosi Apriani, S.T,.M.T.
Uncontrolled Keywords: (PLTMH), kecepatan aliaran, daya keluaran
Subjects: Elektro > Teknik Tenaga Air
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 Nov 2021 04:03
Last Modified: 22 Nov 2021 04:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.