ANALISIS MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI PURWODADI KABUPATEN MUSI RAWAS

Septi Kurnia, NIM. 93219003 (2021) ANALISIS MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI PURWODADI KABUPATEN MUSI RAWAS. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93219003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
93219003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Septi. 2021. Analisis Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Tesis, Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana (S2). Pembimbing: (I) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Sri Wardhani, M.Si. Minat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi usaha yang dilakukan oleh seseorang. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah kepada perubahan yang positif yang kemudian disebut dengan proses belajar. Kondisi pandemi saat ini menuntut pendidik dalam hal ini adalah guru untuk berinovasi mengubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui minat belajar biologi siswa pada pembelajaran daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. (2) Mengetahui hasil belajar biologi siswa pada pembelajaran daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa terdapat 130 siswa yang menjawab angket. Terdapat empat indikator minat belajar yang diukur yaitu perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Indikator perasaan senang merupakan indikator yang cukup tinggi untuk minat belajar karena seluruh siswa merasa senang mengikuti pembelajaran biologi selama pembelajaran daring karena siswa dapat melakukan pembelajaran daring dimana saja. Indikator ketertarikan siswa semakin tertarik dengan pelajaran biologi ketika guru memberikan tugas karena tugas yang diberikan guru disertai dengan gambar sehingga membuat siswa semakin semangat. Indikator perhatian pada minat belajar siswa yaitu keseluruhan siswa menyatakan tetap fokus belajar meski pembelajaran dilakukan secara daring. Kemudian dari indikator minat belajar siswa indikator keterlibatan merupakan indikator yang paling rendah karena siswa pada pembelajaran daring siswa kurang memiliki kesadaran untuk belajar secara mandiri dirumah. Selanjutnya untuk hasil belajar biologi siswa pada pembelajaran daring KD 3.14 yaitu tentang sistem imun terdapat 22 siswa dengan nilai terendah 75 dan 37 siswa mendapatkan nilai tertinggi yaitu 98. Kesimpulan dari penelitian yaitu minat belajar siswa paling banyak pada indikator perasaan senang siswa pada pembelajaran biologi secara daring karena biologi eratkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Kemudian hasil belajar siswa biologi siswa pada pelajaran biologi selama pembelajaran daring yang dicapai rata-rata diatas ktiteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Dr. Sri Wardhani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:03
Last Modified: 16 Nov 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19076

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.