PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA TANAH ABANG MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT(LCA) (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PEDULI SAMPAH)

SEPTIAN ANDRIANSYAH, NIM 152016010 (2021) PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA TANAH ABANG MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT(LCA) (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PEDULI SAMPAH). Skripsi thesis, universitas muhamadiya palembang.

[img]
Preview
Text
152016010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
152016010_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

ABSTRAK PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA TANAH ABANG MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA) (Studi Kasus: Kelompok Usaha Bersama Peduli Sampah) Septian Andriansyah Teknik Industri, Universitas Muhammdiyah Palembang septianandriansyah@gmail.com Sampah yang tidak tertangani dengan baik dapat mengganggu estetika lingkungan, menimbulkan bau serta mengakibatkan berkembangnya penyakit. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan dan dampak sampah pada kelompok usaha bersama peduli sampah di Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan dampak sampah pada kelompok usaha bersama peduli sampah di Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Berdasarkan hasil pengelolaan data yang telah dilakukan ditemukan dampak lingkungan terendah pada proses pengelolaan sampah di Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang adalah Ozone layer dan Radiation yaitu 4,93E-13 dan 7,29E-11. Hasil penelitian single score ditemukan bahwa dampak tertinggi terletak pada respiratory inorganics sebesar 4.465,243, fossil fuels sebesar 361,234, dan climate change sebesar 1.726,017. Pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang membawa dampak negatif terhadap lingkungan terutama pada keadaan iklim tanah, tumbuhan, dan bahan bakar fosil yang terus berkurang. Pengelolaan sampah dilakukan dengan menggunakan mesin genset dapat mencemarkan udara sehingga dapat mengganggu pernapasan (respiratory inorganics). Kata Kunci : Pengelolaan, Sampah, Life Cycle Assessment (LCA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing:1.ir.h.ahmad ansyori masruri, m.t 2.nidya wisudawati, st.,mt.,m.eng
Uncontrolled Keywords: pengelolaan,sampah,life cycle assessment(lca)
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:24
Last Modified: 03 Nov 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.