EKSTRAK DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS JACK) SEBAGAI ANTIBACTERIAL AGENT PADA WOUND DRESSING FILM

MERRY HELINA, NIM. 94218012 (2021) EKSTRAK DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS JACK) SEBAGAI ANTIBACTERIAL AGENT PADA WOUND DRESSING FILM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
94218012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
94218012_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)

Abstract

ABSTRAK Daun tanaman sungkai (Peronema canescens Jack) merupakan tanaman herbal yang mengandung metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin. Tanin yang terdapat pada daun sungkai berperan sebagai penghambat bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan tanin yang terdapat pada daun sungkai muda dan daun sungkai tua. Kemudian menganalisis unjuk kerja ekstrak daun sungkai dalam pembuatan balutan luka dan mengukur jarak bakteri Staphylococcus Aureus setelah penambahan ekstrak daun sungkai dan bahan pembuatan balutan luka. Dengan menggunakan spektrofotometer UV-VIS, untuk rendemen tanin tertinggi terdapat variabel massa sampel daun sungkai muda 20 gram dengan waktu ekstraksi 180 menit yaitu 293,03ppm pada daun sungkai muda dan sungkai tua. Untuk sampel daun sungkai tua dengan variabel massa 20 gram dan waktu ekstraksi 180 menit, terdapat kandungan tanin sebesar 291,65 ppm. Dan untuk kinerja ekstraksi daun sungkai sebagai pembalut luka modern terhadap bakteri staphylococcus aureus, kombinasi terbaik Natrium Alginat cair + Gliserol + Ekstrak Sungkai 100% dengan jarak penghalang bakteri lebih besar 13 mm dibandingkan dengan kombinasi Natrium Alginat + Gliserol + Ekstrak Sungkai 50%. 0 mm. Maka kinerja ekstraksi pada lapisan film tanpa kombinasi pembalut luka lebih baik dengan Variabel Ekstrak Sungkai 100% yaitu 22,5 mm dengan pembanding kontrol positif menggunakan Amoksisilin 33 mm. Kata kunci : Daun Sungkai, Tannin, Ekstraksi, UV-VIS Spektrofotometer

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ir. Elfidiah., M.T. 2. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T.
Uncontrolled Keywords: Daun Sungkai, Tannin, Ekstraksi, UV-VIS Spektrofotometer
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Kimia > Teknologi Makanan
Divisions: PPS Teknik Kimia (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:22
Last Modified: 22 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.