Rancang Bangun Automatic Transfer Switch (ATS) Berbasis Arduino menggunakan Bluetooth

Muhamad Hari Hidayat, NIM. 132017122 (2021) Rancang Bangun Automatic Transfer Switch (ATS) Berbasis Arduino menggunakan Bluetooth. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text
BAB2_BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)

Abstract

Pada saat pengoperasian perangkat elektronik membutuhkan listrik terus-menerus oleh karena itu diberikan sumber daya tambahan untuk cadangan yang akan digunakan apabila sumber utama terputus. Perpindahan sumber listrik dari sumber utama ke cadangan tidak boleh menyebabkan peralatan elektronik mati, oleh sebab itu diperlukannya Automatic Transfer Switch.Tujuan Penelitian ini adalah Rancang bangun sistem automatic transfer switch berbasis Arduino berbasis Arduino menggunakan Bluetooth.Metode yang dilakukan terbagi menjadi 4 bagian yaitu: 1). Melakukan survei ke desa pandan arang. 2). Perancangan automatic transfer switch. 3). Pembuatan Coding untuk arduino. 4). Uji coba automatic transfer switch apakah sudah layak pakai atau belum.Alat Automatic Transfer Swith dapat bekerja secara baik dan dapat dikendalikan menggunakan Bluetooth, Pada saat nilai value dari sensor LDR >475 maka sensor akan bekerja. Pada saat perpindahan arus dari PLN ke PLTS terdapat lonjakan arus maksimum sebesar 2,16 A dengan daya 460,94 watt pada mesin bor, sedangkan pada pompa air arus maksimum sebesar 3,36 A dengan daya 702,57 watt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Feby Ardianto S.T. M.Cs 2. Bengawan Alfaresi S.T,.M.T,.IPM
Uncontrolled Keywords: Arduino, Automatic Transfer Switch, Bluetooth HC-06, Relay,Sensor LDR
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Teknologi informasi > pemrograman
Teknologi informasi > perangkat lunak
Teknologi informasi > program
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:43
Last Modified: 18 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.