RANCANG BANGUN SISTEM SENSOR PEMISAH OTOMATIS SAMPAH LOGAM DAN NON LOGAM PADA TEMPAT SAMPAH PINTAR MENGGUNAKAN ARDUINO

MUHAMMAD YOFA NURIMANI, NIM. 132017145 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM SENSOR PEMISAH OTOMATIS SAMPAH LOGAM DAN NON LOGAM PADA TEMPAT SAMPAH PINTAR MENGGUNAKAN ARDUINO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132017145_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
132017145_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai daerah yang lebih maju,kotaharus memilikisistem pengelolaan limbah yang sistematissesuai. Studi ini akan membantu dalam perancangan dan implementasi serangkaian perangkat sensor yang dapat mengklasifikasikan limbah logam dan non-logam secara otomatis. Penggunaan sistem sensor pemilah sampah ini bertujuan untuk memudahkan pemilahan dan pemisahan sampah logam dan non logam secara efisien dan praktis bagi masyarakat awam.Kemajuan teknologi saat ini telah mempermudah perancangan sistem sensor yangsecara otomatis memisahkan limbah logam dan non logam darismartbin menggunakanArduinohinggamenggunakan sensor dan mikrokontroler yang mudah ditemukan di toko peralatan listrik. Sensor jarak digunakan sebagai sensor yang dapat mendeteksi limbah logam dan non logam. Misalnya,jika Anda memasukkandebuke dalam logam ataunon-logam,sensor ini akan secara otomatis mendeteksi jenis debu yang Anda terima.Data sensor jarak kemudian dikirim ke ArduinoUno. Arduino uno merupakan mikrokontroler yang digunakan untuksmart trash, meskipunmenggunakan Arduino Uno Atmega328. Atmega 328 memilikikemampuan untukmenjalankandan memproses data yang dikirim oleh sensor untuk mengontrol seluruh sistem.Alat ini menggunakan servomotor untukmemanduobjek ke tempat penampungan,tergantungpada jeniskotoran yang terdeteksi. Semua data yang diproses oleh Aduinoditampilkan di LCD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bengawan Alfaresi,S.T.,M.T,IPM 2. Feby Ardianto,S.T.,M.Cs
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sensor, Sampah, Otomatis
Subjects: Elektro > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:24
Last Modified: 11 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.